Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini sebanyak 8 orang siswa dari XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa. Hasil dari perhitungan uji Wilcoxon dengan nilai Z -2,524 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.
Kata kunci : interaksi sosial siswa, konseling kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Novianti, N. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
- Pratiwi, I. (2015). Peningkatan Interaksi Sosial Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Lampung.
- Prayitno. (2004). L.1-L.9 Seri Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP Padang.
- Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.
- Riansyah, H. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(1), 47-52.
- Soekanto. (2010). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
- Sukardi, K. D. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
- Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi.
References
Daftar Pustaka
Novianti, N. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Pratiwi, I. (2015). Peningkatan Interaksi Sosial Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Lampung.
Prayitno. (2004). L.1-L.9 Seri Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP Padang.
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.
Riansyah, H. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(1), 47-52.
Soekanto. (2010). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukardi, K. D. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi.