Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara penggunaan aplikasi Tiktok dengan perilaku narsisme siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 orang dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penggunaan aplikasi Tiktok dan angket perilaku narsisme. Data dianalisis dengan mengunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikansi antara penggunaan aplikasi Tiktok dengan perilaku narsisme yang mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar 0,637 dan taraf signifikansi sebesar p=0,000 (p<0,05) yang artinya, semakin tinggi penggunaan aplikasi Tiktok maka akan semakin tinggi perilaku narsisme. Sebaliknya, semakin rendah penggunaan aplikasi Tiktok maka semakin rendah perilaku narsisme siswa.

 

Kata Kunci: penggunaan aplikasi Tiktok, perilaku narsisme

Article Details

How to Cite
Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2020). Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 220–228. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.220-228

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
  3. Nurrahmi, H & Oktaviani, E.R. 2018. Bimbingan dan Konseling Islam pada Berperilaku Kecenderungan Narsis di Kelas XI MAN 2 Pontianak. Jurnal Dakwah. 12(1), hal 65-82.
  4. Purnamasari, A & Agustin, V. (2018). Hubungan Citra Diri Dengan Perilaku Narsisisme Pada Remaja Putri Pengguna Instagram Di Kota Prabumulih. Jurnal Psibernetika. 11(2), hal 115-132.
  5. Ratri, H.D. (2018). “Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Harga Diri Remaja Di Sma Negeri 2 Jember”. Skripsi. Fakultas Keperawatan Universitas Jember.
  6. Santi, N.N. (2017). Dampak Kecenderungan Narsiscisme Terhadap Self Esteem pada Pengguna Facebook Mahasiswa PGSD UNP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 5(1), 2017.
  7. Sarjono, H & Julianita, W. (2011). SPSS vs LIKEREL sebuah aplikasi untuk riset.
  8. Jakarta: Selemba Empat.
  9. Susilowati. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi. 9(2), hal 176–185.
  10. Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Andi Offset.
  11. Widiyanti, W., Solehuddin, M., dan Saomah, A. (2017). Profil Perilaku Narsisme Remaja Serta Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling. Jurnal. 1(1), hal 15-26.
  12. Winarno, S. (2018). Hiperealitas Tiktok. Koran Opini Jawa Pos. Hal.4, 7 Juli 2018.