Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi  dengan menggunakan media videoterhadap pemahaman perilaku perundungan siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain one group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Kota Bengkulu berjumlah 29siswa.Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman perilaku perundungan siswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 79,34 dengan kategori sedang. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 105,51dengan kategori tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t= (-10,247)danp= 0.000 = p<0.05, sehingga dapat disimpulkan. Ada pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pemahaman perilaku perundungansetelah diberi layananinformasidengan menggunakan media video

Article Details

How to Cite
Ikhsan, I., Dharmayana, I. W., & Sholihah, A. (2020). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU PERUNDUNGAN SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 236–244. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.236-244

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Arif S, Sadiman (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Dewi. 2017. “Upaya Mengurangi Perilaku Perundungan Menggunakan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Palangkaraya”. Jurnal Pendidikan dan Psikologi. Volume 12 hal 3
  4. Maspuroh,Siti. 2017. Pengaruh Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VIII MTSN 2 Bandar Lampung. Skripsi UIN Raden Intan Lampung
  5. Mufrihah, Arina.2016. “Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah” dalam Jurnal Psikologi, Vol. 43, No. 2
  6. Nurihsan, Achmad Juntika.2006. Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar KehidupanBandung: PT Refika Aditama
  7. Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. R. Ibrahim & Nana Syaodih. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Rosmaeni. 2018. “Pelaksanaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Bahaya Bullying SMPN 19 Bandar Lampung”. Skripsi UIN Raden Intan Lampung
  10. Sardiman A.M, dkk. (2005). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Grasindo
  11. Sripurwaningsih I,M. 2017. “Hubungan Perundungan dengan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karang Anyar. Skripsi IAIN Surakarta
  12. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 451 hlmn.
  13. Surilena.2016. “Perilaku Perundungan Pada Anak dan Remaja”. Jurnal CDK-236.43(1) hal 35
  14. Tohirin. 2017. “Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah”. Jakarta: Rja Grafindo Persada