Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yaitu sebanyak 21 siswa dengan sampel 10 orang siswa yang memiliki skor kecerdasan spiritual rendah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Kemudian akan diberikan treatment berupa bimbingan kelompok, setelah itu siswa diberi angket posttest. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji Z diperoleh nilai Z = -2.848 (p<0,05) maka H0 ditolak, 

Article Details

How to Cite
Fauzan, I., Dharmayana, I. W., & Misbhahuddin, A. (2021). pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Bermain Peran Terhadap peningkatan Kecerdasan Spiritual SIswa Kelas VII B DI SMP N 17 kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 254–263. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.254-263

References

  1. Indonesia.
  2. Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Akhirin. (2013).Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Melalui Rukun Iman Dan Islam.Jurnal Pendidikan islam Tarbawi, Vol. 10, No. 2, Juli-Desember 2013
  4. Asrowi. (2012). “Pengembangan Model Manajemen Konflik Untuk Meningkatkan Kestabilan Emosi”. FKIP BK Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
  5. Ahmad, A. (2009). Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Interaksi Teman Sebaya dengan Menyesuaikan Sosial pada Siswa Kelas VIII program Akserasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Jurnal Alfabet, No 17. Hal 24-25.
  6. Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
  7. Gunawan. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
  9. Hanum, F. (2011). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwai Publisher.
  10. Hartinah, K. (2009) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Lingkungan Sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 83-92 13(1).
  11. Hurlock. B.E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
  12. Izzaty, R., E, Suardiman, S, P, Ayriza, Y. (2008). Perkembangan Peseta Didik. Yogyakarta. UNY Press
  13. Kartini. (2007). Penggunaan Metode Bermain peran untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dasar. Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
  14. Lesmana, D. (2014). Kecerdasan Spiritual dengan Kecerdasan Menghadapi Masa Pensiun. Jurnal Ilmiah Psikologi Teapan, No 2. Hal 1.