Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yaitu sebanyak 21 siswa dengan sampel 10 orang siswa yang memiliki skor kecerdasan spiritual rendah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Kemudian akan diberikan treatment berupa bimbingan kelompok, setelah itu siswa diberi angket posttest. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji Z diperoleh nilai Z = -2.848 (p<0,05) maka H0 ditolak,
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Indonesia.
- Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
- Akhirin. (2013).Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Melalui Rukun Iman Dan Islam.Jurnal Pendidikan islam Tarbawi, Vol. 10, No. 2, Juli-Desember 2013
- Asrowi. (2012). “Pengembangan Model Manajemen Konflik Untuk Meningkatkan Kestabilan Emosi”. FKIP BK Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
- Ahmad, A. (2009). Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Interaksi Teman Sebaya dengan Menyesuaikan Sosial pada Siswa Kelas VIII program Akserasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Jurnal Alfabet, No 17. Hal 24-25.
- Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
- Gunawan. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
- Hanum, F. (2011). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwai Publisher.
- Hartinah, K. (2009) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Lingkungan Sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 83-92 13(1).
- Hurlock. B.E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Izzaty, R., E, Suardiman, S, P, Ayriza, Y. (2008). Perkembangan Peseta Didik. Yogyakarta. UNY Press
- Kartini. (2007). Penggunaan Metode Bermain peran untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dasar. Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
- Lesmana, D. (2014). Kecerdasan Spiritual dengan Kecerdasan Menghadapi Masa Pensiun. Jurnal Ilmiah Psikologi Teapan, No 2. Hal 1.
References
Indonesia.
Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhirin. (2013).Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Melalui Rukun Iman Dan Islam.Jurnal Pendidikan islam Tarbawi, Vol. 10, No. 2, Juli-Desember 2013
Asrowi. (2012). “Pengembangan Model Manajemen Konflik Untuk Meningkatkan Kestabilan Emosi”. FKIP BK Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Ahmad, A. (2009). Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Interaksi Teman Sebaya dengan Menyesuaikan Sosial pada Siswa Kelas VIII program Akserasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Jurnal Alfabet, No 17. Hal 24-25.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Gunawan. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Hanum, F. (2011). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwai Publisher.
Hartinah, K. (2009) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Lingkungan Sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 83-92 13(1).
Hurlock. B.E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Izzaty, R., E, Suardiman, S, P, Ayriza, Y. (2008). Perkembangan Peseta Didik. Yogyakarta. UNY Press
Kartini. (2007). Penggunaan Metode Bermain peran untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dasar. Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Lesmana, D. (2014). Kecerdasan Spiritual dengan Kecerdasan Menghadapi Masa Pensiun. Jurnal Ilmiah Psikologi Teapan, No 2. Hal 1.