Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kecanduan handphone di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 108 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecanduan handphone dan kuesioner faktor-faktor penyebab kecanduan handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 faktor kecanduan handphone, faktor internal yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan adalah tingkat sensation seeking yang rendah dan kontrol diri yang rendah. Faktor situasional yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan handphone adalah faktor kejenuhan belajar. Faktor sosial yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan handphone adalah faktor conneted presence. Faktor eksternal yang menjadi penyebab siswa kecanduan adalah faktor media.

Kata Kunci : Kecanduan handphone.

Article Details

How to Cite
Lestari, R., & Sulian, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA KECANDUAN HANDPHONE STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 23–37. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.23-37

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Akin, A. Altundang, Y, Turan, M. dan Akin, U. (2014). The Validity and Reliability of the Turkish Version of the Smart phone Addiction scale-short form for Adolescent. Social and Behavioral Sciences 152. Hal. 74-77.
  3. Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset
  4. Fernandez, O. (2017). Short Version of the Smartphone Addiction Scale Adaptedto Spanish and French: Towards a Cross-Cultural Researsch in Problematic Mobile Phone Use. Addictive Behavior. Hal. 275-280
  5. Hadiwinarto (2009). Psikologi: Teori dan Pengukuran. Bengkulu: Rahman Rahim.
  6. Jaza, A, Amalia, R, Yolivia, I. (2013). Hubungan kecanduan Smarthphone dengan Daya Konsentrasi Remaja. Universitas Negeri Padang, Kampus V Bukittinggi.
  7. Mohamad, M. (2015). Dampak Penggunaan Alat Komunikasi Handphone terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 12 Kota Gorontalo. Artikel
  8. Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Sukardi. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Sutanto, BK. (2016). Perbedaan Smartphone Addiction Antara Mahasiswa Laki=Laki dan Perempuan di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana. Skripsi. Salatiga:Fakultas Psikologi Uiniversitas Kristen Satya Wacana.
  11. Yusuf, A Muri. 2010. Metode Penelitian. Padang: UNP Press.