Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap perilaku prososial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 9 kota Bengkulu dan sampel 24 siswa yang memiliki perilaku prososial kategori rendah, sedang dan tinggi pada saat pre-test dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku prososial dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan perilaku prososial siswa meningkat setelah diberikan layanan pengusaan konten dengan teknik sosiodrama. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t (nilai t = -13,625, (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku prososial siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.
Kata kunci: layanan penguasaan konten, perilaku prososial, teknik sosiodrama
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Azwar, S. (1998). Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Desmita. (2009) Psikoligi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Klein, N. (2016). Prosocial Behavior Increases Perceptions of Meaning In Life. The Journal of Positive Psychology.
- Kusumaningrum, I.S. (2014). Penerapan Bimbingan kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jurnal BK FKIP UNESA, 6(1), 11-20
- Lasmaria, N. (2013). Dampak Layanan Penguasaan Konten terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 23 Kota Jambi. Skripsi. BK Ekstensi FKIP Universitas Jambi.
- Melati, F. (2011). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangrayung Purwodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, BK FKIP UNNES.
- Nuril, R. (2016). Hubungan Perilaku Prososial dengan Kebermaknaan Hidup Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2015/2016. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
- Siregar, S. (2014). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta. Rajawali Press.
- Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukadji, Soetarlinah. (2000). Menyusun dan mengevaluasi laporan penelitian. Jakarta. Universitas Indonesia (UI-Press).
- Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta. RajaGrafindo Persada.
- Trifina, R. (2015). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Perilaku Prososial Remaja Pengguna Gadget DI SMP N 2 Yokyakarrta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
- Usman & Akbar. 2006. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
- Wanda, C. S. (2017). Efektifitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kerjasama siswa Kelas XI IPA SMA Muhamadiyah Kota Kediri Tahun 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 16(1), 31-43.
References
Daftar Pustaka
Azwar, S. (1998). Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita. (2009) Psikoligi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Klein, N. (2016). Prosocial Behavior Increases Perceptions of Meaning In Life. The Journal of Positive Psychology.
Kusumaningrum, I.S. (2014). Penerapan Bimbingan kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jurnal BK FKIP UNESA, 6(1), 11-20
Lasmaria, N. (2013). Dampak Layanan Penguasaan Konten terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 23 Kota Jambi. Skripsi. BK Ekstensi FKIP Universitas Jambi.
Melati, F. (2011). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangrayung Purwodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, BK FKIP UNNES.
Nuril, R. (2016). Hubungan Perilaku Prososial dengan Kebermaknaan Hidup Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2015/2016. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Siregar, S. (2014). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta. Rajawali Press.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukadji, Soetarlinah. (2000). Menyusun dan mengevaluasi laporan penelitian. Jakarta. Universitas Indonesia (UI-Press).
Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta. RajaGrafindo Persada.
Trifina, R. (2015). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Perilaku Prososial Remaja Pengguna Gadget DI SMP N 2 Yokyakarrta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Usman & Akbar. 2006. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Wanda, C. S. (2017). Efektifitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kerjasama siswa Kelas XI IPA SMA Muhamadiyah Kota Kediri Tahun 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 16(1), 31-43.