Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan strategi coping dalam mereduksi stres narapidana anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 8 orang narapidana anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket stres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres narapidana anak menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest (103,25) dan posttest (75,25) dengan nilai thitung =9.109 > ttabel (2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat stres narapipdana anak sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan strategi coping (emotion focused coping) kepada subjek penelitian.
Kata kunci: stres, layanan konseling kelompok, strategi coping (emotion focused)
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Ariyanto, AE. (2015), Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stress pada Remaja di Lapas Anak Blitar, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(01), hal 226
- Decky, D. (2016). “Stres dan Strategi Coping Pada Narapidana anak” Psikoborneo,4 (3).
- Kumparan.com (2019), ”Media Center Kementerian Hukum dan HAM”, https://kumparan.com/media-center-kementerian-hukum-dan-ham/total-1-243-anak-didik-pemasyarakatan-terima-remisi-anaknasional-1rWa7LPLz32, diunduh pada 23 Juli 2019
- ______Maryam, S. (2017). “Strategi Coping Teori dan Sumber Daya”, 1(2). Hal 103-105
- Negara, DS (2018). “Emotion-Focused Coping Pada Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPLB”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Hal. 11-13
- Prayitno (2014), L1-L9 seri kegiatan pendukung, Konseling Padang:Tidak diterbitkan
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
- Wati, L.(2018 “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Menentukan Kecerdasan Moral Siswa SMA N 1 Kabawetan Kabupaten Kepahiyang” Skripsi, Universitas Bengkulu.
- Waldani J, Saam Z, Umar T, . (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap tingkat Stres warga Binaan Wanita (kasus non-narkoba). Jurnal Pendidikan, 4 (2), Hal 4
- Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara
References
Daftar Pustaka
Ariyanto, AE. (2015), Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stress pada Remaja di Lapas Anak Blitar, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(01), hal 226
Decky, D. (2016). “Stres dan Strategi Coping Pada Narapidana anak” Psikoborneo,4 (3).
Kumparan.com (2019), ”Media Center Kementerian Hukum dan HAM”, https://kumparan.com/media-center-kementerian-hukum-dan-ham/total-1-243-anak-didik-pemasyarakatan-terima-remisi-anaknasional-1rWa7LPLz32, diunduh pada 23 Juli 2019
______Maryam, S. (2017). “Strategi Coping Teori dan Sumber Daya”, 1(2). Hal 103-105
Negara, DS (2018). “Emotion-Focused Coping Pada Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPLB”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Hal. 11-13
Prayitno (2014), L1-L9 seri kegiatan pendukung, Konseling Padang:Tidak diterbitkan
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Wati, L.(2018 “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Menentukan Kecerdasan Moral Siswa SMA N 1 Kabawetan Kabupaten Kepahiyang” Skripsi, Universitas Bengkulu.
Waldani J, Saam Z, Umar T, . (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap tingkat Stres warga Binaan Wanita (kasus non-narkoba). Jurnal Pendidikan, 4 (2), Hal 4
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara