Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan strategi coping dalam mereduksi stres narapidana anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 8 orang narapidana anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket stres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres narapidana anak menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest (103,25)  dan posttest (75,25) dengan nilai thitung =9.109 > ttabel (2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat stres narapipdana anak sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan strategi coping (emotion focused coping) kepada subjek penelitian.

 

Kata kunci: stres, layanan konseling kelompok, strategi coping (emotion focused)

Article Details

How to Cite
Alvionita, R., Syahriman, S., & Sholihah, A. (2020). PENGARUH LAYANAN KONSELING KEOMPOK DENGAN STRATEGI COPING (EMOTION FOCUSED) DALAM MEREDUKSI STRESS NARAPIDANA ANAK DI LPKA KLAS II BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 83–92. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.83-92

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Ariyanto, AE. (2015), Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stress pada Remaja di Lapas Anak Blitar, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(01), hal 226
  3. Decky, D. (2016). “Stres dan Strategi Coping Pada Narapidana anak” Psikoborneo,4 (3).
  4. Kumparan.com (2019), ”Media Center Kementerian Hukum dan HAM”, https://kumparan.com/media-center-kementerian-hukum-dan-ham/total-1-243-anak-didik-pemasyarakatan-terima-remisi-anaknasional-1rWa7LPLz32, diunduh pada 23 Juli 2019
  5. ______Maryam, S. (2017). “Strategi Coping Teori dan Sumber Daya”, 1(2). Hal 103-105
  6. Negara, DS (2018). “Emotion-Focused Coping Pada Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPLB”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Hal. 11-13
  7. Prayitno (2014), L1-L9 seri kegiatan pendukung, Konseling Padang:Tidak diterbitkan
  8. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
  9. Wati, L.(2018 “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Menentukan Kecerdasan Moral Siswa SMA N 1 Kabawetan Kabupaten Kepahiyang” Skripsi, Universitas Bengkulu.
  10. Waldani J, Saam Z, Umar T, . (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap tingkat Stres warga Binaan Wanita (kasus non-narkoba). Jurnal Pendidikan, 4 (2), Hal 4
  11. Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara