Main Article Content

Abstract

Penerbitan majalah sekolah sebagai promosi dan menyebarluaskan kegiatan, informasi, dan aktivitas lainnya bisa diarahkan menjadi wadah pengembangan proses kreativ menulis bagi siswa. Menulis kreatif siswa bisa diarahkan ke dalam kegiatan jurnalistik dengan pembinaan oleh guru. Sudah selayaknya setiap sekolah di kota-kota besar maupun di kabupaten bisa memaksimalkan website atau blog untuk mempromosikan sekolahnya dan memiliki ekstrakurikuler jurnalistik. Dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PpM), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi ditugaskan untuk melaksanakan PPM sekolah binaan di kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Fakta di lapagan, ketersediaan bahan materi untuk pengelolaan website atau blog dan SDM terbatas. Hal ini, menjadi landasan perlunya pengelolaan media website atau blog yang bisa digunakan sebagai sumber belajar sekaligus promosi sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka pengelolaan website atau blog yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dan mempromosikan sekolah menjadi perlu untuk dilakukan agar dapat meningkatkan wawasan, keterampilan dan rasa percaya diri bagi penggunanya. Selama kegiatan PPM guru dan pengelola antusias mengikuti kegiatan. Hal ini dibuktikan dari berbagai pertanyaan seputar website oleh para guru.

Article Details

How to Cite
Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, A., Setyonegoro, A., & Priyanto, P. (2020). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.1.1-5

References

  1. Andriyanto, A., & Muslikh, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(01). DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i01.258
  2. Budiarto, R. 2010. Word Press, Not just a Blog. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
  3. Latif Anshori Kurniawan. 2014. Pengoptimalan Blog dalam Upaya Menunjang Keterampilan Menulis Mahasiswa. Jurnal Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 2 No. 1 Januari 2014.
  4. Ngatmini, N., Larasati, L., Wismanto, A., & Kurniawan, L. A. (2016). Ibm Pengoptimalan Blog untuk Menunjang Keterampilan Menulis Bagi Guru SMP Negeri 33 Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 78-89.
  5. Nugroho, Y. A. (2018). Pemanfaatan dan Pengembangan Blog Sebagai Media dan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15-28.
  6. Saputra, A. W. (2015). Pengembangan Blog Menulis Berita Untuk Majalah Sekolah Sebagai MEdia Pembinaan Ekstrakurikuler JUrnalistik Bagi Siswa SMA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 117-126.
  7. Sari, R., Hudiyono, Y., & Soe’oed, R. (2017). Pengembangan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya (Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya), 1(4), 317-330. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ilmubudaya.v1i4.712
  8. Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 143-158.
  9. Wahyudi, N. (2014). Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 9(1), 85-94.