Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan dan  pemahaman kepada guru tentang pengembangan bahan ajar Tematik Terpadu sebagai upaya peningkatan kompetensi profesional guru.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan secara langsung kepada guru dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi pengembangan bahan ajar tematik terpadu. Kegiatan ini terlaksana dengan baik yang diikuti oleh seluruh 40 orang guru SD IT Ahmad Dahlan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018. Kegiatan ini diakhir degan kegiatan evaluasi dengan melihat pemahan guru berupa hasil keterlaksanaan kegiatan melalui demonstrasi  pengembangan bahan ajar yang dibuat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Pelatihan pengembangan bahan ajar ini menghasilkan beberapa kegiatan yakni pendampingan dan bimbingan kepada guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik terpadu. Hasil langsung yang didapat dari pelatihan ini berupa  output berupa bahan ajar tematik terpadu yang dibuat oleh guru SD IT Ahmad Dahlan, baik bahan ajar kelas rendah maupun kelas tinggi yang sesuai dengan standar pengembangan yang dianjurkan.

Article Details

How to Cite
Chan, F., Budiono, H., & Hardesi, I. Z. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.1.20 - 24

References

  1. Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Prastowo. A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press
  3. Permendikbud No. 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kuriurikulum 2013. Jaarta: Kemendikbud