Main Article Content

Abstract

Rancangan mekanisme pelaksanaan kegiatan IbM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah lesson study yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini berlangusng selama 4 bulan dimulai dari bulan Agustus dan berakhir pada bulan November 2017 yang bertempat di SD N 057/VII Sei Benteng I Kabupaten Sarolangun. Kegiatan ini diikuti oleh kepala sekolah, pengawas dan guru yang berjumlah 29 orang. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses, semua peserta antusias dan kooperatif dalam pelaksanaan pengabdian dari awal hingga berakhirnya kegiatan. Adapun hasil dari pelatihan tersebut yaitu: (1) Teridentifikasinya kata kerja operasional pengembangan tujuan pencapaian kompetensi aspek keterampilan yang akan di ukur. Minimal 50% guru dapat mengidentifikasi KKO berdasarkan tingkat kompetensi keterampilan sesuai dengan langkah – langkah pendekatan saintifik; (2) Kemampuan guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan aspek – aspek keterampulan yang akan diukur. Minimal 75% guru dapat menyusun rumusan tujuan pencapaian kompetensi aspek keterampilan; (3) Adanya kelompok kerja guru yang terampil dalam merancang dan menyusun instrument penilaian aspek keterampilan. Minimal seluruh sekolah peserta KKG dapat merancang dan menyusun instrument penilaian aspek keterampilan; (4) Adanya produk berupa instrument penilaian yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya, minimal guru dapat merancang dan menyusun kompetensi keterampilan berdiskusi, keterampilan membaca, menulis, melakukan demonstrasi dan lain sebagainya; dan (5) Adanya peluang untuk mengembangkan jiwa kewirahusahaan, dengan memproduksi berbagai insrumen penilaian aspek keterampilan yang inovatif yang memiliki nilai jual.

Article Details

How to Cite
Setiono, P., & Yantoro, Y. (2020). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Di SD Negeri 64/I Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.1.12 - 19

References

  1. Abidin, Y. 2014. Optimalisasi Penerapan Model Penilaian Otentik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal TARBIYA Vol. I, No.1, Juni 2014
  2. Handayani, Dwi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ancak – Ancak Alis untuk Pembelajaran Tema Mengenal Lingkungan Pedesaan Kelas I Sekolah Dasar. Tesis, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
  3. Harsiati, T. 2011. Penilaian dalam Pembelajaran (Aplikasi pada Pembelajaran Membaca dan Menulis). Malang: UM Press
  4. Hendarni, D & Harry A. P. 2006. Penilaian Otentik pada Pembelajaran Tematik. Malang: Depdiknas, Dirjen PMPTK, PPPPTK PKn dan IPS
  5. Kemdikbud RI. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud.
  6. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruz Media
  7. Maharani, Yusnia Dwi. 2012. Analisis Butir Soal Obyektif UAS Gasal Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2011/2012 di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang
  8. Marhaeni, AAA. I. N. 2008. Asesmen Otentik Dalam Pembelajaran Tematik Di SD Kelas Awal. Makalah Disampaikan pada Pelatihan Pembelajaran Tematik bagi Guru SD di Kabupaten Karangasem Tanggal 10-12 Desember 2008. Bali: UNDIKSHA
  9. Muslich, Masnur. 2011. Authentic Assesment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama
  10. Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  11. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Standar Penilaian Pendidikan
  12. Setiono, Panut. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Lokal Untuk Siswa Kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.
  13. Uno, Hamzah B & Koni, S. 2013. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara