Main Article Content

Abstract

Berdasarkan observasi di SDN 111/I Muara Bulian, ditemukan beberapa permasalahan diantaranya : 1). Guru belum optimal dalam mengelola kelas, seperti  mengatur tempat duduk, menghias kelas agar suasana nyaman. 2). Guru belum optimal mengelola pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa tidak merasa jenuh saat belajar. 3). Guru belum pernah mendapat pendampingan di dalam menciptakan atau mengelola kelas yang kreatif. Melihat permasalahan yang ada di SDN 111/I Muara Bulian untuk itu perlu dilakukan sebuah Pelatihan Pengelolaan Kelas Kreatif bagi Guru SDN 111/I Muara Bulian. Adapun kegiatan ini dilakukan dengan mengadobsi metode lesson studi, tahapan kegiatan iniadalah sebagai berikut : 1) Survei pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pelatihan Pengelolaan Kreatif. 4) Refleksi. Berdasarkan kegiatan yang sudah dilakukan, guru lebih dapat berinovasi terhadap kelasnya, guru mampu merancang    tempat duduk siswa     lebih bervareatif serta guru juga     dapat membuat suasana  kelas  menjadi  tidak jenuh dengan menerapkan Ice Breaking.

 

Kata Kunci:Pengelolaan, Kelas, Kreatif

Article Details

How to Cite
Suhandi, A., & Alirmansyah, A. (2020). Pelatihan Pengelolaan Kelas Kreatif bagi Guru SDN 111/I Muara Bulian. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(2), 128–133. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.2.128-133

References

  1. Anik, Andriyani. 2015. Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 01 Gedong Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.Thesis UMS Surakarta
  2. Good, Thomas L.; Brophy, Jere E. 1991. Looking in Classrooms. Fifth Edition. New York: Harper Collins Publishers.
  3. Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik. Raja Grafindo Persada.
  4. Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Yeni, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta. Prenada Media Group