Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian pada masyarakat ini untuk melatih dan membimbing guru IPA terkait pentingnya sikap dan keterampilan konservasi di sekolah yang diimplementasikan dalam proses optimalisasi peralatan laboratorium IPA. Kegiatan dilakukan dalam dua langkah, yaitu: 1) melakukan eksplorasi pemahaman terkait konservasi, fungsi dan mekanisme kerja dari peralatan Laboratorium IPA, dan 2) memberikan contoh perbaikan sederhana pada salat laboratorium IPA. Materi disampaikan dengan ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Peserta kegiatan berjumlah 40 guru IPA yang bertugas di Kabupaten Kaur. Kegiatan dilaksanakan di ruang MGMP IPA Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Instrumen yang digunakan antara lain angket terbuka terkait pemahaman fungsi dan mekanisme kerja alat laboratorium IPA dan Panduan perbaikan sederhana alat laboratorium IPA. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain : 1) pemahaman guru terkait dengan konservasi, fungsi dan mekanisme kerja alat laboratorium IPA 2) Pemahaman terkait perencanaan dan pengelolaan Laboratorium IPA, dan 3) kesadaran akan pentingnya keterampilan dan sikap konservasi, dan 4) pengetahuan dalam memperbaiki alat laboratorium IPA. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah guru dapat termotivasi untuk mengembangkan keterampilan dan sikap konservasi guru dalam mengoptimalkan peralatan Laboratorium IPA di sekolah.

Keywords: Peralatan, laboratorium IPA, Keterampilan, Sikap, Konservasi.

Article Details

How to Cite
Wardana, R. W., Nursaadah, E., & Johan, H. (2020). Optimalisasi Peralatan Laboratorium IPA Untuk Mengembangkan Keterampilan Dan Sikap Konservasi Guru IPA. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(2), 134–141. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.2.134-141

References

  1. Decaprio, R. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
  2. Handoyo dan Tijan, E (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang : Widya Karya Press dan Universitas Negeri Semarang.
  3. Masrukhi dan Rahayuningsih, M. (2010). Universitas Konservasi: Wahana Pembangun Karakter Bangsa (Sebuah Renungan Dies Natalies Unnes ke-45). Semarang: Unnes.
  4. Morar, F., and A. Peterlicean. (2012). The role and importance of educating youth regarding biodiversity conservation in protected natural areas. Procedia Economics and Finance 3, 1117-1121
  5. Ramadoss, A., and G. Poyyamoli. (2011). Biodiversity conservation through environmental education for sustainable development – A case study from Puducherry, India. International Electronic Journal of Environmental Education 1(2), 97-111