Main Article Content

Abstract

GeoGebra merupakan salah software geometri dan aljabar. Software ini sangat membantu dalam mengkonstruksi objek objek geometri, baik geometri bidang maupun ruang. Khususnya untuk siswa dan guru SMP software ini sangat membantu dalam menjelaskan materi garis-garis pada segitiga, sudut-sudut istimewa, lingkaran dalam dan luar segitiga. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode presentasi, penugasan, dan tanya jawab. Alat yang digunakan yaitu computer yang sudah terinstal program GeoGebra. Setelah melakukanh kegiatan diperoleh hasil: 1) Siswa sudah mampu mengenali menu-menu yang ada pada jendela toolbar, 2) Sebagian besar siswa sudah dapat mengkostruksi garis-garis pada segitiga, sudut-sudut istimewa, dan lingkaran dalam maupun lingkaran luar segitiga. Kegiatan ini tentu sangat berdampak positif terhadap proses pembelajaran, siswa menjadi lebih mudah dalam mengkonstruksi, pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Dari kegiatan ini diperoleh simpulan sebagai berikut: a) GeoGebra sangat membantu dalam mengkonstruksi bentuk bentuk geometri seperti garis-garis pada segitiga, sudut-sudut istimewa, dan lingkaran dalam maupun lingkaran luar segitiga, b) GeoGebra dapat meningkatkan keaktifan dan aktivitas pembelajaran.

Kata Kunci: GeoGebra, garis, sudut istimewa, segitiga

Article Details

How to Cite
Agustinsa, R., Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2021). Pemanfaatan Software GeoGebra untuk Guru dan Siswa SMP-IT dalam Pembelajaran Geometri Bidang. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.1.51 - 56

References

  1. Aizikovitsh-Udi, E., & Radakovic, N. (2012). Teaching Probability by Using Geogebra
  2. Dynamic Tool and Implemanting Critical Thinking Skills. Procedia - Social and
  3. Behavioral Sciences, 46(Galotti 1989), 4943–4947.
  4. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.364
  5. Caligaris, M. G., Schivo, M. E., & Romiti, M. R. (2015). Calculus & GeoGebra, an Interesting
  6. Partnership. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1183–1188.
  7. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.735
  8. Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and calculus
  9. with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on
  10. Mathematical Education, June 2014, 1–9.
  11. Kusuma, Y. S. (2003). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif
  12. Berbasiskan Teknologi Komputer. Seminar Proceeding National Seminar on Science
  13. and Math Education