Main Article Content
Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : (1) Untuk memberi pengetahuan kepada guru-guru PAUDNI yang berkaitan dengan pengetahuan pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engeenering, arts and Mathematic); (2) Untuk memberi pengetahuan kepada guru-guru PAUDNI yang berkaitan dengan pengetahuan Loose Parts; (3) Untuk memberi keterampilan kepada guru-guru PAUDNI yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran STEAM; (4) Untuk memanamkan nilai dan sikap kepada guru-guru PAUDNI yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran STEAM. Metode pelatihan pendekatan pembelajaran STEAM kepada guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu melalui : (1) Ekspositori; (2) Tanya Jawab; (3) Diskusi; (4) Demonstrasi; (5) Focus Group Discussion (FGD); (6) Metode proyek. Instrumen yang dipergunakan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah : (1) Power Point; (2) Bahan Loose Parts; (3) Copy materi pendekatan pembelajaran STEAM; (4) Spanduk yang bertuliskan pelatihan penggunaan pendekatan pembelajaran STEAM berbasis proyek dan bahan loose patrs guruguru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Teknik pegumpulan data dengan jalan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kualitatif. Kesimpulan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut: (1) Guruguru PAUDNI memiliki pengetahuan yang berkenaan dengan pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engeenering, Arts and Mathematic); (2) Guru-guru PAUDNI memiliki keterampilan yang berkenaan dengan penggunaan Loose Parts; (3) Guru-guru PAUDNI memiliki nilai dan sikap yang berkenaan dengan pendekatan pembelajaran STEAM; (4) Guru-guru PAUDNI memiliki nilai dan sikap yang dapat ditanamkan kepada anak-anak PAUDNI yang berkenaan dengan pendekatan pembelajaran STEAM.
Key Words : STEAM, Proyek, Loose Parts.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
- Munawar, M. Roshayanti, F, & Sugiyanti (2019). Implementation of STEAM (Science,
- Technology, Engeneering, Atrs, Mathematic) Base Early Chilhood Education Learning
- in Semarang City. Jurnal Ceria, ISSN: 2641-6347, Vol 2, No. 5. September 2019.
- Kim, H., & Chae, D.H. (2016). The Development and Application of A STEAM Program Based
- on Traditional Korean Culture. Eurasia Journal of Mathematics & Science &
- Technology Education. 2016, 12 (7), 1925 – 1936.
- Yakman, G., & Lee, H., (2020). Exploring the Exemplary STEAM Education in The U.S as
- Practical Educational Framework for Korea. Journal of The Koren Association for
- Science Education, 32 (6), 1072 – 1086
References
Munawar, M. Roshayanti, F, & Sugiyanti (2019). Implementation of STEAM (Science,
Technology, Engeneering, Atrs, Mathematic) Base Early Chilhood Education Learning
in Semarang City. Jurnal Ceria, ISSN: 2641-6347, Vol 2, No. 5. September 2019.
Kim, H., & Chae, D.H. (2016). The Development and Application of A STEAM Program Based
on Traditional Korean Culture. Eurasia Journal of Mathematics & Science &
Technology Education. 2016, 12 (7), 1925 – 1936.
Yakman, G., & Lee, H., (2020). Exploring the Exemplary STEAM Education in The U.S as
Practical Educational Framework for Korea. Journal of The Koren Association for
Science Education, 32 (6), 1072 – 1086