Main Article Content

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dan resitasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahuiapakah dengan adanya penerapan metode diskusi dan resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan mengikuti alur: refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi, dan perancangan ulang. Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Rejang Lebong dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan beberapa cara untuk mengumpulkan data selama proes penelitian berlangsung diantaranya sebagai berikut : Metode Observasi, Pendekatan Partisipatif dan Skala Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan metode dikusi dan resitasi dalam pelajaran PKn materi memecahkan masalah HAM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan dan tes yang sudah dilakukan memperlihatkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada tes awal rata-rata kelas adalah 55, pada siklus 1 rata-rata kelas adalah 63, dan pada siklus 2 rata-rata kelas adalah 81. Pembelajaran metode dikusi dan resitasi dalam pelajaran PKn materi memecahkan masalah HAM dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Pembelajaran metode dikusi dan resitasi dalam pelajaran PKn materi memecahkan masalah HAM melatih siswa mengungkapkan pendapatnya atau pun tanggapan pada orang lain. “Dengan adanya metode diskusi dan resitasi dapat meningkatkan prestasi Masalah HAM dalam Mata Pelajaran PKn belajar siswa Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 4 Rejang Lebong Tahun Pembelajaran 2021/2022”

Kata Kunci : Diskusi, Resitasi, PKn, dan HAM

Article Details

How to Cite
Karjono, K. (2021). Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah HAM Dengan Metode Diskusi Dan Resistasi Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 62–73. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.1.62 - 73

References

  1. Ardana, Wayan. 1980. Beberapa Metode Statistik untuk Keperlian PenelitianPendidikan.
  2. Malang : Swadaya.
  3. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta :Rineka
  4. Cipta.
  5. Bahri Syaiful Djamara. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya :UN.
  6. Combs, Arthur W.1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon,Inc, Boston.
  7. Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT RinekaCipta.
  8. Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yayasan Penerbitan FakultasPsikologi
  9. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
  10. Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru : Bandung. Hasibuan
  11. JJ dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remandja Karya.
  12. Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
  13. Soekamto,Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PAU-PPAI,
  14. Universitas Terbuka.
  15. Soeratno dan Arsyat, Lincolin. 1988. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi danBisnis.
  16. Yogyakarta : BPFE.
  17. Sudjana, Nana. 1984. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar
  18. BaruAlgensido.
  19. Sunaryo. 1999. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang :IKIP.
  20. Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Andi Offset.
  21. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta