Main Article Content

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres akademik para santri masa new normal Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah sebelum dan sesudah dilakukan layanan Bimbingan Kelompok. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah diskusi dan Tanya jawab dengan beberapa tahapan yaitu: pembentukan, peralihan, inti, dan pegakhiran. Kemudian memberikan pre-test dan pos-test kepada para peserta untuk melihat tingkat stres akademik para santri sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis religi. Hasil yang di peroleh dari kegiatan ini adalah terdapat penurunan tingkat stress akademik sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok bagi santri yang mengalami stress akademik.

 Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Stres Akademik

Article Details

How to Cite
Mishbahuddin, A., Afriyati, V., & Herawati, A. A. (2022). Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Religi Bagi Santri Untuk Mengurangi Stres Akademik Masa New Normal di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.37-42

References

  1. Azmy, Nurihsan, Yudha. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling. 1(2), 197-208.
  2. Barseli, Ifdil, Nikmarija. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 5(3), 143-148.
  3. Goliszek, A. (2005). 60 Second Manajemen Stress. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
  4. Gunawati, Hartati, Listiara. (2006). Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswa dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 3(2), 93-115.
  5. Mashudi, Farid. (2012). Psikologi Konseling: Buku Panduan Lengkap dan Praktis Menerapkan Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD.
  6. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Nurmaliyah. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora. 2(3), 273-282.
  8. Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  9. Indria, Siregar, Herawaty. (2019). Hubungan Antara Kesabaran dan Stres Akademik pada Mahasiswa Di Pekanbaru. Jurnal Fakultas Psikologi. 13(1), 21-34. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Riau.
  10. Segarahayu. (2013). Pengaruh Manajemen Stres terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Narapidana Di Lpw Malang. Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Malang.
  11. Wilks, S. E. (2008). Resilience a Mid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support Among Social Work Students. International Journal of Social Work. 9(2), pp. 106-125.