Main Article Content

Abstract

Kegiatanpengabdianinibertujuanuntukmemberikanpenguatankepadaguru-guru sekolah dasar di Kecamatan Seberang Musi Kabupaten  Kepahiang pada materi geometri sehingga dapat meningkatkan kemampuan analisis.Metode pelaksanaan berupa:(1)
pemberian pretest kepada peserta; (2) penyampaian materi geometri; (3) kegiatan diskusi dan presentasi; dan (4) pemberian postest. Dari hasil pelaksanaan diperoleh bahwa peserta antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Rata-rata hasil pretest sebesar 34 dan posttest sebesar 54,08. Hasil pretest ke posttest memiliki peningkatan sebesar 20,08%.
Kata Kunci: Pelatihan; Geometri; Kemampuan analisis; GuruSekolahDasar

Article Details

How to Cite
Sumardi, H., & Susanta, A. (2022). Pelatihan Pemantapan Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.57-62

References

  1. Bobango, J.C. (1993). Geometry for All Student: Phase-Based Instruction. Dalam Cuevas (Eds). Reaching All Students With Mathematics. Virginia: The National Council of Teach-ers of Mathematics, lnc
  2. Budiarto, M.T. (2000). Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika FMIPA ITS. Surabaya:ITS
  3. Budiarto, M.T., Artiono, R. (2019). Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9-18.
  4. Budiman, & Usman. (2013). Tingkat Penguasaan Guru SD Terhadap Materi Geometri.
  5. Jurnal Serambi Ilmu, 16(1), 57-62.
  6. Kamarullah. (2019). Analisis Kesalahan Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah Aceh
  7. Besar Terhadap Geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI,
  8. (1), 40-55.
  9. Kennedy, I. M., dan Tipps, S. (1994). Guiding Children’s Learning of Mathematics. Seventh Edition, Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.
  10. Nur'aeni, E. (2010). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Saung Guru, 1(2), 28-34
  11. Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
  12. Jakarta: Kencana.
  13. Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achieve-ment in secondary school geometry: Final re-port of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School Geometry (CDASSG) Project. Department of Education, University of Chicago, US.
  14. Van de Walle, J. A. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Pengembangan Pengajaran. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga