Main Article Content

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakan ini secara umum dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru SD Negeri 81 Kota Bengkulu di bidang Seni Rupa. Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggambar menggunakan teknik percik. Pelaksanaan kegiatan hari Jum’at tanggal 18 Juni 2021 Pukul 08.00 sampai dengan Pukul 12.00 WIB. Kegiatan dilakukan secara tatap muka dan diikuti oleh peserta sebanyak 8 orang. Metode yang digunakan adalah pelatihan melalui ceramah dan diskusi serta praktik langsung yang didampingi oleh tim PPM Prodi PGSD Universitas Bengkulu. Materi yang disampaikan yaitu konsep menggambar menggunakan teknik percik dan hubungannya dengan pembelajaran di SD, langkah-langkah menggambar dengan teknik percik, contoh-contoh gambar menggunakan teknik percik. Hasil kegiatan ini adalah pelaksanaan pelatihan telah memberikan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman berseni rupa bagi guru SD Negeri 81 dalam menggambar menggunakan teknik percik. Hal ini dijadikan bahan refleksi bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran seni rupa agar menjadi kreatif dan menarik bagi siswa SD. Kegiatan ini memberikan kesan bagi guru SD bagi guru dan diharapkan dapat berkelanjutan dengan materi seni rupa yang berbeda maupun canag seni lainnya

Article Details

How to Cite
Anggraini, D., Hasnawati, H., Tarmizi, P., & Agusdianita, N. (2022). Pelatihan Menggambar Dengan Teknik Percik Bagi Guru SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 63–68. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.63-68

References

  1. Syafii. (2015). Berkarya Seni Grafis Sebagai Alternatif Pengalaman Belajar Seni Rupa Bagi Anak. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 97-104.
  2. Ismiyanto, P. S., & Syarif, M. I. (2018). Pelatihan Mengajar Seni Rupa Berbasis Konservasi Lingkungan Bagi Para Guru Sekolah Dasar. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 16(1), 35-48.
  3. Hasnawati, H., Nurdin, A. E., & Husain, M. S. (2022). Mengenal Batik Nambo Melalui Proses Membatik bagi Warga Kecamatan Nambo Luwuk Banggai Sulawesi Tengah. SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain, 1(1), 18-26.