Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menghasilkan LKPD berbasis STEM berbantu GeoGebra pada materi vektor yang layak. 2) Mendeskripsikan respon guru terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis STEM berbantu GeoGebra pada materi vektor. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D dengan langkah-langkah Define, Design, Develop dan Dissemination. Pada tahap dissemination dibatasi sampai pada tahap uji respon oleh guru dikarenakan wabah covid-19. Validasi dilakukan oleh 4 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafisan dan media. Berdasarkan hasil uji validasi aspek kelayakan isi mendapatkan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik, aspek kebahasaan dengan persentase 77% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian persentase sebesar 79% dengan kategori sangat baik, aspek kegrafisan dengan persentase 84% dalam kategori sangat baik dan aspek media dengan persentase 81% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM berbantu GeoGebra pada materi vektor yang dihasilkan sudah layak dengan persentase rata-rata sebesar 82% berada pada kategori sangat baik. Adapun respon guru terhadap LKPD ini berada pada kategori sangat baik dengan nilai sebesar 88 %.
Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, LKPD, STEM, GeoGebra, Vektor
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Depdiknas. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Kemendikbud.2013. Menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Yusuf WF. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd). Jpai [Internet]. 2018;3(20):263–78. Available from: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1097
- Sartika D. Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. J Ilmu Sos dan Pendidik [Internet]. 2019;3(3):89–93. Available from: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
- Laila Katriani MS. Pengembangan Lembar Kerja. EduFisika. 2017;02(01):70–9.
- Dewi AP. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Science , Technology , Engineering , and Mathematic ( STEM ) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. 2019;
- Mukti F, Connie C, Medriati R. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2018;1(3):57–63.
- Torlakson T, Force T. Innovate A Blueprint for STEM Education - Science (CA Dept of Education). california: Foundation, the Californians Dedicated to Education; 2014. 52 p.
- Banks F, Barlex D. Teaching STEM in the Secondary School. Teaching STEM in the Secondary School. 2020.
- Puri VA. Pengembangan LKPD Berbasis Science, technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada Materi Usaha dan Energi di SMA Muhammdiyah 7 Yogyakarta. 2017;
- Hidayat FN, Tamimuddin M. Pembelajaran Matematika (Dasar). Yogyakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2015. 455 p.
- Syahbana ALI. Belajar menguasai GeoGebra. Muhtarom, M.Pd I, editor. Palembang: NoerFikri Offset; 2016. 271 p.
- Agung S. Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika SMP. Semin Nas. 2015;03:312–22.
- Shabila RL, Bhakti YB, Fatahillah. Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. 2020;1(2):95–100.
- Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta; 2017.
- Hayati S, Budi A.S. HS. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF. SNF. 2015;
- Pangesti IK, Yulianti D, Sugianto. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2017;6(3):53–8.
- Depdiknas. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas; 2008.
- Afsari A. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpikir Tingkat Tinggi pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makasar. Educ Psychol J [Internet]. 2017;2(2):65–72. Available from: lib.unnes.ac.id/6871/1/8479.pdf%0Ahttp://www.albayan.ae
- Hadijah S. Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Matematika. 2018;5(2):176–83.
References
Depdiknas. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kemendikbud.2013. Menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yusuf WF. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd). Jpai [Internet]. 2018;3(20):263–78. Available from: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1097
Sartika D. Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. J Ilmu Sos dan Pendidik [Internet]. 2019;3(3):89–93. Available from: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Laila Katriani MS. Pengembangan Lembar Kerja. EduFisika. 2017;02(01):70–9.
Dewi AP. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Science , Technology , Engineering , and Mathematic ( STEM ) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. 2019;
Mukti F, Connie C, Medriati R. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2018;1(3):57–63.
Torlakson T, Force T. Innovate A Blueprint for STEM Education - Science (CA Dept of Education). california: Foundation, the Californians Dedicated to Education; 2014. 52 p.
Banks F, Barlex D. Teaching STEM in the Secondary School. Teaching STEM in the Secondary School. 2020.
Puri VA. Pengembangan LKPD Berbasis Science, technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada Materi Usaha dan Energi di SMA Muhammdiyah 7 Yogyakarta. 2017;
Hidayat FN, Tamimuddin M. Pembelajaran Matematika (Dasar). Yogyakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2015. 455 p.
Syahbana ALI. Belajar menguasai GeoGebra. Muhtarom, M.Pd I, editor. Palembang: NoerFikri Offset; 2016. 271 p.
Agung S. Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika SMP. Semin Nas. 2015;03:312–22.
Shabila RL, Bhakti YB, Fatahillah. Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. 2020;1(2):95–100.
Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta; 2017.
Hayati S, Budi A.S. HS. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF. SNF. 2015;
Pangesti IK, Yulianti D, Sugianto. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2017;6(3):53–8.
Depdiknas. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas; 2008.
Afsari A. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpikir Tingkat Tinggi pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makasar. Educ Psychol J [Internet]. 2017;2(2):65–72. Available from: lib.unnes.ac.id/6871/1/8479.pdf%0Ahttp://www.albayan.ae
Hadijah S. Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Matematika. 2018;5(2):176–83.