Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap modul pembelajaran menggunakan model Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Augmented Reality. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi peserta didik dengan 20 butir pertanyaan yang diberikan kepada 75 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 4, SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menggunakan model Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Augmented Reality pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar sangat baik berdasarkan persepsi peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap media pembelajaran modul pembelajaran, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat baik dan baik. Hal ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar persepsi. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan rata-rata persentase aspek tampilan 91,13 %, aspek penyajian 90,33 % dan aspek manfaat 88,56 %. Sehingga dapat diambil kesimpulan dari ketiga aspek tersebut bahwa modul yang dikembangkan sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan 90,01 %.

 

Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Keterbacaan, Modul Pembelajaran, Augmented Reality, Model Self Organized Learning Environment (SOLE), Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

 

ABSTRACT

 

This study aims to conduct a readability test to describe students' perceptions of the learning module using the Augmented Reality-assisted Self Organized Learning Environment (SOLE) model. This type of research is development research. The research instrument used was a student perception questionnaire with 20 questions given to 75 respondents who were students in 3 schools, namely SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, and SMA Negeri 9 Bengkulu City. In this study, data analysis used quantitative descriptions. the results of the data obtained can be obtained that the learning module uses the Self Organized Learning Environment (SOLE) model with the help of Augmented Reality on very good dynamics and game materials based on students' perceptions. This is based on all the data obtained from statements regarding the readability of the learning media of the learning module, almost all of which are answered with the best answers from the best and good answers. This means that students agree with the points offered in the statements they fill in the perception sheet. Based on the data obtained, the average percentage of the display aspect is 91.13%, the presentation aspect is 90.33% and the aspect is 88.56%. So it can be concluded from these three aspects that the module developed is very good with an overall average percentage of 90.01%.

 

Keyword : Student Perception, Readability, Learning Module, Augmented Reality, Self Organized Learning Environment (SOLE) Model, Rotational Dynamics and Equilibrium Rigid Body

Article Details

References

  1. Retnosari N, Susilo H, Suwono H. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri Di Bojonegoro. J Pendidik Teor Penelitian, dan Pengemb. 2016;1(8):1529—1535-1535.
  2. Sulistijo SH, Sukarmin, Sunarno W. Pembelajaran Fisika dengan Model Inquiry - Student Team Achievement Division ( ISTAD ) dan Guided Inquiry Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017 Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017. 2017;231–40.
  3. Tohir M. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2019;(January):10–2.
  4. Pratama H, Sarwanto, Cari. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Smp Kelas IX Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Materi Gerakan Bumi dan Bulan Yang Terintegrasi Budaya Jawa. J Inkuiri [Internet]. 2015;4(I):11–20. Available from: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/4942.
  5. Prastowo Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. VIII. Diva Press; 2015.
  6. Sarifudin Saleh. Deskripsi Dan Langkah Model Pembelajaran Sole (Self Orginized Learning Environment). 2020; Available from: https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_1.pdf
  7. Ilmawan M dan KN. Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidik J Ilmu Tarb dan Kegur. 2018;21(1):59–72.
  8. Fattah A, Setyadi R. Teknologi informasi dan pendidikan. J Teknol Inf dan Pendidik. 2019;12(2):1–7.
  9. Amir Isnawati. Pengembangan Buku Ajar Dan Augmented Reality (Ar) Pada Konsep Sistem Pencernaan. 2017;
  10. Handayani RA, Sukarmin, Sarwanto. Pengembangan Modul Fisika Multirepresentasi Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI. J Pendidik IPA. 2018;7:352–64.
  11. Khunaeni LN, Yuniarti WD, Khalif MA. Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Teknologi Augmented Reality pada Materi Gelombang Bunyi untuk SMA/MA Kelas XI. Phys Educ Res J. 2020;2(2):83.
  12. Yanti DN, Banuwa IS, Safe’i R, Wulandari C, Gumay Febryano I. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Tanaman Rakyat pada KPH Gedong Wani. J Hutan dan Masy. 2017;9(2):61.
  13. Tuty DWN, Widiyanti E, Utami BW. Korelasi Faktor Pembentuk Persepsi Dengan Persepsi Konsumen Terhadap Media Pemasaran Online (www.goodplant.co.id). Caraka Tani J Sustain Agric. 2018;32(2):108.
  14. Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
  15. Magdalena I, Sundari T, Nurkamilah S, Amalia DA, Tangerang UM. Analisis bahan ajar. 2020;2:311–26.
  16. Romansyah K. Pedoman Pemilihan Dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. 2016;XVII(2).
  17. Puspita SD. Respon siswa terhadap modul sistem ekskresi manusia pada pembelajaran biologi kelas xi sma. 2017;