Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa alat peraga berbasis Arduino Uno pada materi sumber-sumber energi kelas XII yang valid, serta untuk mengetahui tanggapan guru mengenai alat peraga berbasis Arduino Uno. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination yang disesuaikan. Validasi desain dilakukan oleh 3 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek kesesuaian, kemenarikan, ketahanan, keakuratan, efektif alat, komponen kelayakan isi dan komponen teknis. Hasil uji validitas mendapatkan hasil rata-rata sebesar 92,7% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat peraga berbasis Arduino Uno pada materi sumber-sumber energi yang dikembangkan sudah valid dan teruji. Respons tanggapan yang diberikan guru mendapatkan hasil rata-rata 87,89% dengan kategori sangat baik. Sehingga alat peraga berbasis Arduino Uno dapat dijadikan alat peraga tambahan dalam membantu guru memberikan pemahaman materi kepada siswa pada saat proses pembelajaran.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Alat Peraga, Arduino Uno
ABSTRACT
This study aims to produce a product in the form of teaching aids based on Arduino Uno on valid class XII energy sources, as well as to find out the teacher's response to teaching aids based on Arduino Uno. This research is a type of research and development with the development model used, namely 4D Development, namely Define, Design, Develop and Dissemination which is adjusted. Design validation is carried out by 3 expert judgments to assess the developed product from the aspects of suitability, attractiveness, durability, accuracy, tool effectiveness, content feasibility components and technical components. The results of the validity test get an average result of 92.7% with the very feasible category. Based on these results, it can be concluded that the Arduino Uno-based teaching aids on the energy sources developed are valid and tested. The responses given by the teacher got an average result of 87.89% with a very good category. So that Arduino Uno-based teaching aids can be used as additional teaching aids in helping teachers provide understanding of the material to students during the learning process.
Keywords: Research Development, Teaching Aid, Arduino Uno
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Gulo M. Meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan alat peraga sederhana pada materi gerak melingkar di kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Wahana Inov. 2017;6(1):1–14.
- Permatasari A, Yuberti Y, Anggraini W. Pengembangan lampu sensor berbasis Arduino uno sebagai alat peraga fisika. Indones J Sci Math Educ. 2019;2(3):380–7.
- Hakim Y Al. Pengembangan alat peraga solar tracker dua sumbu untuk meningkatkan kreativitas. Radiasi J Berk Pendidik Fis. 2017;10(1):161–7.
- Suari M. Pemanfatan Arduino nano dalam perancangan media pembelajaran fisika. Nat Sci J. 2017;3(1).
- Kemendikbud. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. 2018.
- Fadilah Z, Lubis P. Pengaruh metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga sel surya terhadap hasil belajar fisika materi listrik dinamis pada kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang. Pros Simp Nas Pendidik IPA. 2017;1(1):56–61.
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). ke-3 cetak. Nuryanto A, editor. BANDUNG: Alfabeta; 2019.
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. BANDUNG: Alfabeta; 2010.
- Kurniawati ID, Nita S-. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. J Comput Inf Technol. 2018;1(2):68–75.
- Arikunto S, Jabar C safruddin abdul. Evaluasi program pendidikan. 2 ed. Jakarta: Bumi Aksara; 2009.
- Musa L. Alat peraga matematika. 1 ed. Mirnawati, editor. Sulawesi Selatan: Aksara Timur; 2018.
- Syahwil M. Panduan mudah simulasi & praktek mikrokontroler Arduino. Prabawati TA, editor. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET; 2013.
- Anoi YH, Yani A, W Y. Analisis sudut panel solar cell terhadap daya output dan efisiensi yang dihasilkan. Turbo J Progr Stud Tek Mesin. 2020;8(2):177–82.
- Monda HT, Feriyonika F, Rudati PS. Sistem pengukuran daya pada sensor node wireless sensor network. 2018;9(1).
- Faridha M, Lisdawati AN, Hafizah A meiliani N. Optimalisasi solar cell menggunakan umpan balik lampu. EEICT. 2019;2(2):11–4.
References
Gulo M. Meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan alat peraga sederhana pada materi gerak melingkar di kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Wahana Inov. 2017;6(1):1–14.
Permatasari A, Yuberti Y, Anggraini W. Pengembangan lampu sensor berbasis Arduino uno sebagai alat peraga fisika. Indones J Sci Math Educ. 2019;2(3):380–7.
Hakim Y Al. Pengembangan alat peraga solar tracker dua sumbu untuk meningkatkan kreativitas. Radiasi J Berk Pendidik Fis. 2017;10(1):161–7.
Suari M. Pemanfatan Arduino nano dalam perancangan media pembelajaran fisika. Nat Sci J. 2017;3(1).
Kemendikbud. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. 2018.
Fadilah Z, Lubis P. Pengaruh metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga sel surya terhadap hasil belajar fisika materi listrik dinamis pada kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang. Pros Simp Nas Pendidik IPA. 2017;1(1):56–61.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). ke-3 cetak. Nuryanto A, editor. BANDUNG: Alfabeta; 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. BANDUNG: Alfabeta; 2010.
Kurniawati ID, Nita S-. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. J Comput Inf Technol. 2018;1(2):68–75.
Arikunto S, Jabar C safruddin abdul. Evaluasi program pendidikan. 2 ed. Jakarta: Bumi Aksara; 2009.
Musa L. Alat peraga matematika. 1 ed. Mirnawati, editor. Sulawesi Selatan: Aksara Timur; 2018.
Syahwil M. Panduan mudah simulasi & praktek mikrokontroler Arduino. Prabawati TA, editor. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET; 2013.
Anoi YH, Yani A, W Y. Analisis sudut panel solar cell terhadap daya output dan efisiensi yang dihasilkan. Turbo J Progr Stud Tek Mesin. 2020;8(2):177–82.
Monda HT, Feriyonika F, Rudati PS. Sistem pengukuran daya pada sensor node wireless sensor network. 2018;9(1).
Faridha M, Lisdawati AN, Hafizah A meiliani N. Optimalisasi solar cell menggunakan umpan balik lampu. EEICT. 2019;2(2):11–4.