Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Telah dilaksanakan penelitan dan pengembangan (R&D) yang menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis peta konsep menggunakan model pembelajaran generatif pada materi getaran harmonik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis peta konsep menggunakan model pembelajaraan generatif pada materi getaran harmonik yang terdiri dari RPP, Materi  Ajar, LDS dan Tes Evaluasi. Penelitian ini menggunakan  model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design dan develop. Tahap define terdiri dari studi literatur, analisis obeservasi awal dan analisis kebutuhan. Tahap design pada penelitian ini yaitu perancangan perangkat pembelajaran mulai dari perancangan RPP, perancangan Materi Ajar, perancangan LDS dan perancangan Tes Evaluasi. Tahap develop dalam penelitian ini merupakan validasi ahli yang terdiri dari 3 orang ahli. Hasil validasi ahli yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran dikembangkan dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar (91,5%). Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain : perangkat pembelajaran mengkaitkan dengan tahapan model pembelajaran generatif serta menampilkan pembelajaran yang disusun berbasis peta konsep pada materi getaran harmonik. RPP memiliki 7  karakteristik, materi ajar memiliki 6 karakteristik, LDS memiliki 5 karakteristik dan tes evaluasi memiliki 3 karakteristik.

 

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Peta Konsep, Model Pembelajaran Generatif, dan Getaran harmonik

 

ABSTRACT

 

Research and development (R&D) has been carried out which produces a concept map-based learning device using a generative learning model on harmonic vibration material. This study aims to describe the characteristics and determine the feasibility of a concept map-based physics learning device using a generative learning model on harmonic vibration material consisting of lesson plans, teaching materials, LDS and evaluation tests. This study uses a 4D development model that is modified into 3D, namely define, design and develop. The define stage consists of literature study, initial observation analysis and needs analysis. The design stage in this research is the design of learning devices starting from the design of lesson plans, the design of teaching materials, the design of LDS and the design of the Evaluation Test. The develop stage in this study is an expert validation consisting of 3 experts. The results of expert validation that have been carried out show that the feasibility of the learning tools developed is categorized as "Very Appropriate" with a percentage of (91.5%). The characteristics of the learning tools developed include: learning tools that link the stages of the generative learning model and display learning that is arranged based on concept maps on harmonic vibration material. RPP has 7 characteristics, teaching materials have 6 characteristics, LDS has 5 characteristics and evaluation tests have 3 characteristics

 

Keywords : Learning Tools, Concept Maps, Generative Learning Models, and Harmonic Vibration

Article Details

References

  1. Sulistiawati D. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif. 2017;2348(02):219–26.
  2. Nurkholis. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. J Kependidikan. 2013;1(1):24–44.
  3. Susanto A. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group; 2013. 18–19 p.
  4. Amir Musdalifa , Muris AM. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. J Sains dan Pendidik Fis. 2015;2015:202–13.
  5. Faujiah A, Jannah M, Djangi MJ. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa ( Studi pada Materi Pokok Struktur Atom ) The Effect of the Discovery Learning Model toward Motivation and Student ’ s Learning Achievement Class X. 2020;11–20.
  6. Sugiana IN, Harjono A, Sahidu H, Gunawan G. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. J Pendidik Fis dan Teknol. 2017;2(2):61.
  7. Irwandani. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2015;4(2):165–77.
  8. Syirlatifah, Haris, A. A. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar. J Sains dan Pendidik Fis. 2014;X (3):294.
  9. Hamdani D, Eva K, Indra S. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta. 2012;10(1):79–88.
  10. Masitah. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biol Educ Conf. 2018;15(1):40–4.
  11. Susdarwati, Sarwanto C. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas X Sman 2 Mejayan. INKUIRI J Pendidik IPA. 2016;5(3):1.
  12. Yusuf I. S. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual Pada Materi Dualisme Gelombang Partikel Di SMA Tut Wuri Handayani Makasar. 2013;2(2):189–94.
  13. Martianingtiyas ED. Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Researchgate [Internet]. 2019;(August):1–8. Available from: https://www.researchgate.net/publication/335227473
  14. Prasetyo I. Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. J Penelit Pengkaj Ilmu Pendidik. 2018;12(2).
  15. Sappaile BI. Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. 2020;(15).