Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan e-modul materi fluida dinamis berbantuan Flip PDF Professional untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Tahap define terdiri atas studi literatur, analisis observasi awal dan analisis kebutuhan. Tahap design pada penelitian ini terdiri atas rancangan e-modul. Tahap development dalam penelitian ini merupakan validasi ahli serta revisi berdasarkan validasi ahli dan keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap produk e-modul yang dihasilkan diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,89% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji keterbacaan produk diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 87,82% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada uji coba lapangan. Karakteristik e-modul terdiri dari Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptif, User friendly dan Konsistensi.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, Flip PDF Professional, Kemampuan Berpikir Kritis

 ABSTRACT

 

This research was a research and development (R&D) that aims to produce products and determine the feasibility of dynamic fluid e-modules assisted by Flip PDF Professional to train high school students' critical thinking skills. The development model used in this study is a 4D development model which is limited to 3D, namely define, design, and development. The define stage consisted of literature study, analysis of initial observations and needs analysis. The design stage in this study consisted of an e-module design. The development stage in this research was expert validation and revision based on expert validation and product readability. Based on the results of expert validation of the resulting e-module product, an average percentage of 84.89% was obtained with a very feasible category. Based on the product readability test, the average score percentage was 87.82% with a very decent category. Based on the results of validation and readability tests that have been carried out by experts, it can be concluded that the e-module developed is "very feasible" to be continued in field trials. The characteristics of the e-module consist of Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptive, User friendly and Consistency.

 

Keywords: Research and Development, E-module, Flip PDF Professional, Critical Thinking Ability

Article Details

References

  1. Sulistiawati D. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Semin Nas Jambore Konseling 3. 2017;00(00):XX–XX.
  2. Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Direktorat Pendidik Menengah Umum [Internet]. 2003;6. Available from: http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
  3. Aremu A, Michael Efuwape B. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology-Issues on Acceptability and Usability in Nigeria. Am J Educ Res. 2013;1(2):41–8.
  4. Aulia R, Patmantara S, Handayani AN, Elektro T, Teknik F, Malang UN, et al. Perancangan Buku Digital Interaktif. 2016;8:346–51.
  5. Tania L. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. J Pendidik Akunt. 2017;5(2):1–9.
  6. Sugianto D, Abdullah AG, Elvyanti S, Muladi Y. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innov Vocat Technol Educ. 2017;9(2):101–16.
  7. Vina Serevina, Sunaryo, Raihanati, I Made Astra IJS. Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET Turkish Online J Educ Technol –. 2018;17(3):26–36.
  8. Wijaya H. Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik. 2019;21–40.
  9. Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta Bumi Aksara. 2012;1.
  10. Febtriko A, Puspitasari I. Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot. Rabit J Teknol dan Sist Inf Univrab. 2018;3(1):1–9.
  11. Hayati S, Budi AS, Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pros Semin Nas Fis SNF2015. 2015;IV:49–54.
  12. Bagus Prasetyo E. Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atapdi Kelas Xii-Tgb 2 SMK Negeri Kudu. J Kaji Pendidik Tek Bangunan. 2017;2(2/JKPTB/17).
  13. Fausih M, Danang T. Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “ Instalasi Jaringan Lan ( Local Area Network )” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Nengeri 1 Labang. J Ilmu Pendidik. 2015;01(20):1–9.
  14. Himmah EF. Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Suhu Dan Kalor. Skripsi. 2019;53(9):1689–99.
  15. Oktaviana M, Putri DH, Risdianto E. Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Simulasi Phet Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana Di SMA. J Kumparan Fis. 2020;3(2):131–40.