Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Modul elektronik adalah bahan ajar yang materinya dimuat dalam bentuk elektronik. Salah satu konsep yang dapat membantu peserta didik memahami konsep materi adalah mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik materi momentum dan impuls berbasis mind mapping di SMAN Kota Bengkulu. Produk yang dihasilkan berupa modul elektronik yang dapat digunakan guru dan peserta didik, terutama untuk pembelajaran secara mandiri bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4-D, dimana pada penelitian hanya dilakukan sampai tahap Develop. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul elektronik ini dikategorikan sangat layak digunakan dengan persentase pencapaian sebesar 83%. Persentase tersebut diperoleh dari rata-rata dari aspek penilaian media yaitu 85% dan aspek penilaian materi yaitu 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik materi momentum dan impuls berbasis mind mapping di SMAN Kota Bengkulu memenuhi kriteria dengan kualitas sangat layak sebagai salah satu bahan ajar tambahan yang digunakan oleh peserta didik SMA kelas X.

 

Kata  kunci:  Modul Elektronik, Mind Mapping, Modul Elektronik Berbasis Mind Mapping, Momentum dan Impuls.

 

ABSTRACT

 

Electronic modules are teaching materials that are loaded in electronic form. One concept that can help students understand the concept of matter is mind mapping. This research aims to develop an electronic module of mind mapping and momentum based mind mapping in the SMAN Bengkulu City. The result of this products were electronic modules which can be used for teachers and students, especially for independent learning students. This research was a research and development (research and development) with a 4-D model, which was only carried out until the develop stage. The valid result showed that the electronic module was categorized as very feasible to use with an achievement percentage of 83%. The percentage was obtained from the average of the aspects of media assessment that is 85% and material assessment aspects which is 82%. It can be concluded that the electronic module of mind mapping and impulse material based on mind mapping in Bengkulu City High School meets the criteria of very decent quality as one of the additional teaching materials used by high school students in grade X.

 

Keywords: Electronic Modules, Mind Mapping, Electronic Modules Based on Mind Mapping, Momentum and Impulses.

Article Details

References

  1. Peranti, Purwanto A, Risdianto E. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa SMA Kelas X. J Kumparan Fis. 2019;2(1):41–7.
  2. Siahaan AD, Medriati R, Risdianto E. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Rangkaian Listrik Dan Optik Geometris. J Kumparan Fis. 2019;2(2):91–8.
  3. Aprilia SK, Prihandono T, Yushardi. Pengembangan Modul Usaha Dan Energi Berbasis Elektronik Di SMA. In: Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018. 2018. p. 88–94.
  4. Avico I, Purwanto A, Putri DH. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Di SMAN 1 Kepahiang. J Kumparan Fis. 2019;2(1):17–24.
  5. Jamun YM. Dampak teknologi terhadap pendidikan. J Pendidik dan Kebiudayaan Missio. 2018;10(1):48–52.
  6. Putri RM, Risdianto E, Rohadi N. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sedderhana. J Kumparan Fis. 2019;2(2):113–20.
  7. Johar A, Risdianto E, Indriyati DAF. Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis WEB Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan PHP Dan MYQL. J Rekursif. 2014;2(1):1–9.
  8. Septi, Sakti I, Putri DH. Pengembangan Modul Fisika Dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Alat-Alat Optik. J Kumparan Fis. 2019;2(3):129–36.
  9. Sriwahyuni I, Risdianto E, Johan H. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. J Kumparan Fis. 2019;2(3):145–52.
  10. Buzan T. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2006.
  11. Arbai SZ, Edie SS, Pamelasari SD. Pengembangan Modul IPA Terpadu Bermuatan Mind Mapping Pada Tema Cahaya Dan Penglihatan Untuk Kelas VIII SMP/MTs. Unnes Sci Educ J. 2014;3(1):357–63.
  12. Siwi MS, Wiyatno Y. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Map Melalui Mindjet Mindmanager Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Momentum, Impuls, Dan Tumbukan. J Pendidik Mat dan Sains. 2018;130–9.
  13. Wilujeng I, Mulyaningsih S. Pengembangan Media E-Book Interaktif Melalui Strategi Mind Mapping Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Untuk SMA Kelas X. J Inov Pendidik Fis. 2013;02(02):55–61.
  14. Imaduddin MC, Utomo UHN. Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII. Humanitas (Monterey N L). 2012;9(1):62–75.
  15. Sridewanti R, Agustini R. Pengembangan E-Book Berorientasi Mind Mapping Pada Materi Pokok Hidrokarbon Untuk SMA Kelas XI. J Chem Educ. 2014;3(3):135–47.