Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Latar belakang penelitian ini adalah upaya mewujudkan peserta didik mandiri serta aktif dalam proses pembalajaran fisika serta belum dikembangkannya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scaffolding berorientasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis scaffolding berorientasi berpkir kritis pada materi Hukum Newton tentang gerak dan mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan motode 3D (define, design dan develop) yang dimodifikasi dari metode 4D. Pada tahap validasi, lembar kerja peserta didik divaliasi oleh 3 validator. Hasil validasi menujukkan bahwa lembar kerja peserta didik sangat layak dengan persentase capaian 89%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek isi 82%, aspek penyajian 94% dan aspek bahasa  92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis scaffolding berorintasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton memenuhi kriteria dengan kwalitas sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik SMA kelas X.

 

Kata Kunci : LKPD, scaffolding, berpikir kritis, Hukum Newton

 

ABSTRACT

 

The background of this research was the effort to realize independent and active students in the physics learning process and had not yet developed a Student Worksheet (SW) based on critical thinking oriented scaffolding on Newton’s Law theory. This research aimed to develop the student worksheet based on critical thinking oriented scaffolding on Newton’s Law theory about motion and describe the feasibility of the student worksheet. This research was Research and Development (R&D) with the 3D method (define, design, and develop) which modified from the 4D method. In the validation step, student worksheet was validated by 3 validators. The result of validation showed that student worksheet was very feasible with an achievement percentage of 89%. The percentage was an average of content aspects of 82%, presentation aspects of 94%, and language aspects of 92%. Thus, it can be concluded that student worksheets based on critical thinking oriented scaffolding on Newton’s Law theory meet the criteria with a very feasible quality as one of the learning media used by senior high school students in class X.

 

Keywords : SW, scaffolding, critical thinking, Newton’s Law

Article Details

References

  1. Rhosalia LA. Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal Teach Elem Educ. 2017;1(1):59.
  2. Hosnan M. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia; 2016. 34 p.
  3. Kurniasih AW. Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kreano J Mat Kreat. 2012;3(2):113–24.
  4. Angga IP, Sandy W, Sujana IW, Darsana IW, Pendidikan J, Sekolah G. Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips. 2016;
  5. Ubaidillah M. Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. J EduFisika. 2016;01(02):9–20.
  6. Rahmi R, Hartini S, Wati M. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berk Ilm Pendidik Fis. 2014;2(2):173.
  7. Anggraini R, Wahyuni S, Lesmono A. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses Di Sman 4 Jember. J Pembelajaran Fis. 2016;4(4):350-365–365.
  8. Maryati AM, Sunarya Y. Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Eksperimen dan Non-Eksperimen Berbasis Inkuiri Terstruktur yang Dikembangkan pada Subpokok Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Univ Pendidik Indones. 2015;2015(Snips):181–4.
  9. Syabani P, Darmawati, Febrita E. Development Of Students Worksheet Based On Contracttivism Approach To Material Changes And Conservation Of Living Environment For Learning Biology Tenth Grade Senior High School. J Online Mhs [Internet]. 2018;5(1):1–14. Available from: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/17967
  10. Saye JW, Brush T. Scaffolding critical reasoning about history and social issues in multimedia-supported learning environments. Educ Technol Res Dev. 2002;50(3):77–96.
  11. Belland BR, Glazewski KD, Richardson JC. A scaffolding framework to support the construction of evidence-based arguments among middle school students. Educ Technol Res Dev. 2008;56(4):401–22.
  12. Morgan K, Brooks DW. Investigating a Method of Scaffolding Student-Designed Experiments. J Sci Educ Technol. 2012;21(4):513–22.
  13. Choo SSY, Rotgans JI, Yew EHJ, Schmidt HG. Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning. Adv Heal Sci Educ. 2011;16(4):517–28.
  14. Badri Y, Nindiasari H, Fatah A. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN SCAFFOLDING METAKOGNITIF UNTUK KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA. J Penelit dan Pembelajaran Mat. 2019;
  15. Harydi A, Achmadi H. PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS SCAFFOLDING PADA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR di SMAN 1 WARU PAMEKASAN. Inov Pendidik Fis. 2013;2(3):174–9.
  16. Setyarini DA, Subiki, Supeno. Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) SMP Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Scaffolding. Semin Nas Pendidik Fis 2017 [Internet]. 2017;2(September):1–7. Available from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6249
  17. Hera RK; K. Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. J EduBio Trop. 2015;2(2):223–9.
  18. Aji S, Hudha MN, Rismawati A. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Educ Journal). 2017;1(1):36.
  19. Tuqa ETNUBS. Pengembangan Lembar Kerja Siswa. J Inov Pendidik Fis. 2016;05(03):45–8.
  20. Haniin K, Diantoro M, H S. Pengaruh Pembelajaran TPS Dengan Scaffolding Konseptual Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sintesis Fisika. JPS (Jurnal Pendidik Sains). 2015;3(3):98–105.
  21. Pratama RA, Saregar A. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indones J Sci Math Educ. 2019;