Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Mind Map (Peta pikiran) menggunakan Mindjet MindManager pada materi termodinamika kelas XI 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Mind Map (Peta pikiran) menggunakan Mindjet MindManager pada materi termodinamika kelas XI. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar yang dapat digunakan pendidik/guru.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan metode 3D (Define, Design, dan Develop) yang dimodifikasi dari 4D. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Mind Map ini dikategorikan layak digunakan dengan persentase capaian 75%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek penyajian materi 76,6%, penyajian media 76,6% dan aspek kebahasaan 71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Mind Map pada materi termodinamika memenuhi kriteria dengan kualitas layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan peserta didik SMA kelas XI.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, Mind Map, Mindjet MindManager, Termodinamika

 

ABSTRACT

 

The research was aimed 1) Knew  the development Mind Map based  learning  media used Mindjet Mindmanager on class XI with subject matter thermodynamics 2) Knew the feasibility of development Mind Map media used Mindjet Mindmanager on class XI with subject matter thermodynamics. The resulted  product was  in the form of  teaching materials that can be used by educators / teachers. This research  was a research and development (R & D) with a 3D (Define, Design, and Develop) method which is modified from 4D. The validation  results show that the Mind Map-based learning media is categorized as suitable for use with 75% achievement percentage. The percentage was  average of 76.6% presentation of material, 76.6% of media presentation and 71% linguistic aspects. Thus it can be concluded that the Mind Map-based learning media on thermodynamic material meets the criteria of decent quality as one of the  learning media using by XI grade high school students.

 

Keywords: Learning media, Mind Map, Mindjet MindManager, Thermodynamics

Article Details

References

  1. Risdianto E, Dinissjah MJ, Nirwana, Kristiawan M. The effect of Ethno science-based direct instruction learning model in physics learning on students’ critical thinking skill. Univers J Educ Res. 2020;8(2):611–5.
  2. Pujayanto P, Supurwoko S, Radiyono Y, Adi DW. Development of problem-based learning material for physics mathematics and its implementation. Int J Sci Appl Sci Conf Ser. 2017;1(1):16.
  3. Sutrisno. Fisika dan pembelajarannya. Fis dan pembelajarannya. 2006;3–4.
  4. Rohadi Nyoman, Setiawan Iwan SE. Descriptive Qualitative Analysis Based on Physics Mental Model of Students’ Cognitif Understanding on the Concepts of Kinematics Particle and Parabolic Motion. J pembelajaran Fis. 2020;Vol 8 (1):121–8.
  5. Putri NA, Yusandika AD, Makbuloh D. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mindjet Mindmanager 2017 pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Indones J Sci Math Educ. 2019;2(1):55–63.
  6. Alfajar F, Hasan M, Nazar M. Pembuatan Media Mind Mapping Menggunakan Mindjet Mindmanager pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 5 Banda Aceh. J Ilm Mhs Pendidik Kim. 1(4):179–86.
  7. Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2011.
  8. Hartono W, Noto MS. Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nas Pendidik Mat. 2017;1(2):320.
  9. Suryani N. Media pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2018.
  10. Yuliandari S, Wahjudi E. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. J Penyesuaian Perusah Jasa. 2016;1(1):1–9.
  11. Khoirudin N, Wahyuningsih D, Teguh Rahardjo D. Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 9 Untuk Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Alat Optik. J Pendidik Fis. 2013;1(1):1–10.
  12. Pendidikan S, Elektro T, Teknik F, Surabaya UN. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Mindjet Mindmanager Pada Mata Pelajaran Dasar Perekayasaan Sistem Radio & Televisi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas Xi Av Di Smk Negeri 7 Surabaya Bagus Budi Laksono Abstrak.
  13. Suryadi E. Keefektifan Teknik Pemetaan Pikiran Pada Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Madang Suku Ii Kabupaten Oku Timur. J Bind Sastra. 2018;2(1):142.
  14. Falahudin I. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 2014;(4):104–17.
  15. Menarik PY. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik – Tejo Nurseto. :19–35.