Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran momentum dan impuls berbasis peta konsep dan berpola model pembelajaran generatif yang terdiri dari RPP, Tes Awal, Materi Ajar, LDS, dan Tes Akhir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 3-D. Adapun tahapan pengembangan yaitu, (a) Tahap Define, kurikulum yang digunakan SMAN 6 Kota Bengkulu yakni kurikulum 2013 dengan menggunakan acuan permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang standar isi; (b) Tahap Design, merancang perangkat pembelajaran yang siap divalidasi; dan (c) Tahap Develop, pada tahap ini memperoleh data penelitian mengenai kelayakan perangkat yang dikembangkan. Kelayakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran momentum dan impuls berbasis peta konsep dan berpola model pembelajaran generatif dikategorikan “Sangat Valid” (³ 0,80) dan layak digunakan untuk di ujicobakan.

 

Kata Kunci: peta konsep, pembelajaran generatif, momentum dan impuls

 

ABSTRACT

 

This research aims to describe the process development and feasibility of momentum and impulse learning tools based concept maps and patterned generative learning models consisting of RPP, preliminary test, learning materials, LDS and final test. This research was a research and development (R&D) with a 3-D model. The stages of development were, (a) Define phase, the curriculum used by SMAN 6 Bengkulu City namely the 2013 curriculum using the Permendikbud number 24 of 2016 concerning content standards; (b) Design stage, designing learning tools that are ready to be validated; and (c) The development phase, at this stage obtained research data on the appropriateness of the developed device. The feasibility of the results of the development of momentum and impulse learning tools based on concept maps dan patterned generative learning models was categorized as “ Very Valid “ (³ 0,80) and worthy of being used for testing.

 

Keywords: Concept Map, Generative Learning Model, Momentum and Impulses

Article Details

References

  1. Maunah B. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit TERAS; 2009. 5 p.
  2. Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2017.
  3. Yatimah D. Landasan Pendidikan. Jakarta: CV Alumgadan Mandir; 2017. 9 p.
  4. Sanjaya W. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group; 2008.
  5. Putri RH, Lesmono ADL, Aristya PD. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. J Pendidik Fis. 2017;VI(2):168–74.
  6. Sugiana IN, Harjono A, Sahidu H, Gunawan. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;II(2):61–5.
  7. Yahudu A, Paramata Y, Payu CS. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Media Animasi pada Materi Gelombang di SMP Negeri 9 Gorontalo. J Entropi. 2017;XII(1):15–23.
  8. Sunardi J. Buku Siswa Fisika untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: Yrama Widya; 2014.
  9. Hamdani D, Kurniati E, Sakti I. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu. J Exacta (ISSN 1412-3617). 2012;X(1):79–88.
  10. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  11. Putri NA, Yusandika AD, Makbuloh D. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mindjet Mindmanager 2017 Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi. Indones J Sci Math Educ [Internet]. 2019;II(1):55–63. Available from: https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
  12. Retnawati H. Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir: (panduan untuk peneliti, mahasiswa dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing; 2016.
  13. Rahayu C. Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berk Ilm Pendidik Fis [Internet]. 2019;VII(3):164–76. Available from: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf
  14. Syarifuddin S, Asri A, Mujizatin A. Efektifitas Perangkat Pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep The Effectiveness of Learning Tools with Guided Inquiry Model Assisted by Concept Map Strategies to Improve Concept Mas. J Penelit dan Pengemb Ilmu Pendidik [Internet]. 2020;4(1):38–53. Available from: https://e-journal.litpam.org/index.php/e-Saintika%0A
  15. Ismiazizah N, Prihandono T, Harijanto A. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Tempeh. J Pendidik Fis. 2017;VI(4):383–9.
  16. Ningsih DE. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Generatif dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Desa Sawah. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim; 2018.