Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control-group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Bengkulu. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari data hasil pretest, data hasil posttest, dan data gain standar. Hasil penelitian menunjukkan: a) berdasarkan rata-rata hasil pretest diperoleh bahwa tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelompok treatment dan kelompok kontrol; b) berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelompok treatment lebih besar dari pada kelompok kontrol; c) berdasarkan rata-rata gain standar diperoleh bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelompok treatment lebih besar dari pada kelompok kontrol.

 

Kata Kunci: Inkuiri, LKS, keterampilan berpikir kritis

 

ABSTRACT

 

This study aims to reveal sudents’ critical thinking skills after using the worksheets based on inquiry. The method of this study was quasy eksperriment with nonequivalent control-group pre-test post-test design. The subject of this study was students of SMA Negeri 2 Bengkulu. The data were oftained by pretestt, post test, and gain standard. The results showed: a) based on the average pretestt results showed that there was no difference between the students' critical thinking skills treatmentt group and the control group; b) based on the average post-test results showed that the students' critical thinking skills treatmentts groups is greater than in the control group; c) based on the average standard gain is obtained that increase students' critical thinking skills treatmentts groups is greater than in the control group.

 

Keywords: Inquiry, LKS, critical thinking skills

Article Details

References

  1. Depdiknas. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas; 2011.
  2. N.S.E.S. National science education standards. Washington DC: National academic Press; 1996.
  3. Anjarsari P. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. [Yogyakarta]: Tidak Diterbitkan; 2012.
  4. Council NR. Inquiry and the National Science Education Standars a Guide for Teaching and Learning [Internet]. The National Academy of Science. Washington DC: The National Academy of Science; 2001 [cited 2012 Mar 12]. Available from: http://www.nap.edu.
  5. Sanjaya W. Strategi pembelajaran berorientasi pada standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group; 2008.
  6. Llewellyn D. Teaching high school science through inquiry. California: Corwin Press; 2005.
  7. Tarigan B. Efek Model Pembelajaran Inkuiri Training Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Medan. Medan: Digilib Unimed; 2016.
  8. Buhaerah. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika yang Membangun Kemampuan Berpikir Kritis. [Malang]: Tidak Diterbitkan; 2015.
  9. Liberna H. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. J Form [Internet]. 2012;2(3):190–197. Available from: hal:
  10. Kurniasih AW. Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kreano. 2012;3(2):113–124.
  11. Fakhriyah F. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. J Pendidik IPA Indones. 2014;3(1):95–101.
  12. Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta, Indonesia: Depdiknas; 2006.
  13. Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta; 2008.
  14. Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta; 2005.
  15. The Queensland Studies Authority. The Role of inquiry in senior secondary science. J Queenslan Sci Teach. 2010;36(1):2–8.
  16. Corder G, Slykhuis J. Shifting to an Inquiry-Based Experience Start Small And Experiment Using This Prescriptive Method. Sci Child NSTA’s peer-reviewed J Elem Teach. 2011;48 Number:60 – 63.
  17. Hendro D, Kaligis JRE. Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti; 1993.
  18. Alberta. Focus Inquiry. Canada: Alberta Learning; 2004.
  19. Purnamawati D, Ertikanto C, Suyatna A. KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI THE EFFECTIVENESS OF INQUIRY-BASED STUDENT WORKSHEETS TO IMPROVE THE HIGHER-ORDER THINKING. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2017;06(2):209–19.
  20. Yudiarta IP, Jalmo T, Marpaung RRT. PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. J Bioterdidik. 2014;2(4):1–11.