Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Kaganga (JK) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia. Jurnal Kaganga teregistrasi dengan ISSN Print (2549-8142). Jurnal ini menggunakan berbagai macam pespektif keilmuan pada setiap artikel melalui proses peer review. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun.

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Publikasi artikel dalam Jurnal Kaganga : Jurnal Sosial dan Humaniora bergantung semata-mata pada validitas ilmiah dan koherensi sebagaimana dinilai oleh editor dan / atau rekan kerja kami, pengulas, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut mewakili suatu kontribusi yang berguna untuk bidang ini. Jurnal Kaganga : Jurnal Sosial dan Humaniora mengakui upaya dan saran yang dibuat oleh pengulasnya.

Evaluasi awal naskah

Editor pertama-tama akan mengevaluasi semua naskah yang dikirimkan. Pada tahap ini semua naskah diterima untuk kemudian di evaluasi. Yang ditolak pada tahap ini, itu berarti tidak cukup orisinal, memiliki kelemahan ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup Jurnal Kaganga : Jurnal Sosial dan Humaniora. Mereka yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke ahli untuk kemudian di tinjau.

Jenis ulasan sejawat

Naskah yang dikirim umumnya akan ditinjau oleh dua hingga tiga pakar yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah itu ilmiah dan masuk akal, apakah itu duplikat karya yang sudah diterbitkan, dan / atau apakah naskah itu cukup jelas untuk diterbitkan. Metode ini adalah tinjauan double-blind

Tinjau laporan

Peninjau diminta untuk mengevaluasi apakah naskah:

    Asli dengan menyatakan tujuan dan kesenjangan dengan jelas
    Secara metodologi tepat
    Mengikuti pedoman etika yang sesuai
    Memiliki hasil / temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan
    Merujuk dengan benar pekerjaan relevan sebelumnya
    Peninjau tidak diharapkan memperbaiki atau menyalin naskah. Koreksi bahasa bukan bagian dari proses peer review.

Keputusan

Peninjau menyarankan editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mencapai keputusan berdasarkan laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor bersifat final.

Menjadi Reviewer

Jika saat ini Anda bukan peninjau untuk Jurnal Kaganga : Jurnal Ilmiah Sosial  dan Humaniora tetapi ingin ditambahkan ke daftar pengulas, silakan hubungi kami. Manfaat meninjau untuk Jurnal Kaganga termasuk kesempatan untuk melihat dan mengevaluasi karya terbaru di bidang penelitian terkait pada tahap awal, dan untuk diakui dalam daftar pengulas kami. Anda juga dapat mengutip pekerjaan Anda untuk Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Etika Publikasi

Publication ethic:

Etika Publikasi dan Pernyataan Malpraktek Publikasi

Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah artikel dalam Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, termasuk penulis, editor, peer-reviewer dan penerbit (Jurusan Ilmu Komunikasi).
 
Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal
Publikasi artikel dalam peer-review Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora adalah bagian paling esensial dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dalam rangka  menghargai ilmu pengetahuan. pedoman etika Ini adalah cerminan langsung dari kualitas penulis dan lembaga yang mendukung mereka.  Artikel yang diulas oleh rekan mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis oleh semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peninjau sejawat, penerbit dan masyarakat.
 
Jurusan Ilmu Komunikasi sebagai penerbit Jurnal ini melakukan tugasnya sebagai perwalian atas semua tahap penerbitan dengan sangat serius dengan menyadari tanggung jawab etika dan tanggung jawab yang lain. Penerbit berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau memengaruhi keputusan editorial. Selain itu, dewan editorial Jurnal Kaganga akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain di mana ini berguna dan perlu.

Keputusan publikasi
Setiap artikel yang diserahkan ke jurnal, Pemimpin redaksi Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora bertanggung jawab untuk memutuskan  artikel mana yang harus diterbitkan. Keputusan didasarkan pada rekomendasi dari anggota dewan editor dan jurnal jurnal. Jurnal ini mematuhi persyaratan hukum yang berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor menganugerahkan kepada tim editorial dan pengulas dalam membuat keputusan ini.

Hak Cipta dan Izin
Jurnal Kaganga mengharuskan penulis sebagai yang paling berhak atas karyanya untuk menandatangani Perjanjian Penerbitan Kontributor Jurnal untuk semua artikel yang diterbitkan. Perjanjian Penerbitan Jurnal Kaganga adalah perjanjian lisensi di mana penulis memiliki hak cipta dalam karya tersebut tetapi memberikan Jurnal Kaganga satu-satunya hak dan lisensi eksklusif untuk menerbitkan karya ke dalam jurnal sesuai dengan aturan yang diberlakukan. Pengecualian mungkin terjadi apabila hak cipta diperlukan atau disukai oleh pemilik selain Jurnal Kaganga. Dalam hal ini, hak cipta dalam karya tersebut akan ditransfer dari penulis ke masyarakat.




Tanpa diskriminasi
Para editor dan pengulas mengevaluasi naskah untuk konten intelektual tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, dan / atau filsafat politik penulis. Semua naskah yang masuk akan di evaluasi secara adil dan berimbang untuk dapat menerbitkan karya intelektual yang dapat dipertanggungjawabkan.


Kerahasiaan
Editor, pengulas, dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas, pengulas potensial, tim editorial, dan penerbit yang sesuai.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
Bahan-bahan yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan oleh anggota dewan editorial dan pengulas dalam penelitian mereka sendiri. menghormati naskah yang dikirimkan ke jurnal meskipun tidak digunakan dalam publikasi pada edisi itu ataupun edisi berikutnya adalah suatu keharusan.

Tugas Peninjau
Kontribusi terhadap Keputusan Editorial
Jurnal ini menggunakan proses tinjauan double-blind. Double-blind dalam hal ini adalah Peninjau menyarankan kepala redaksi dalam membuat keputusan editorial. Pemimpin redaksi berkomunikasi dengan penulis, sebagaimana diminta, dan membantu mereka dalam meningkatkan kualitas naskah penelitian mereka.

Kecepatan
Para editor jurnal berkomitmen untuk memberikan tinjauan tepat waktu kepada penulis. Jika peninjau tidak mengirimkan laporannya tepat waktu, makalah tersebut segera dikirim ke peninjau lain yang memenuhi syarat.

Kerahasiaan
Konten naskah diperlakukan dengan kerahasiaan maksimal. Jurnal ini menggunakan proses double blind. Kecuali pemimpin redaksi, editor dan pengulas tidak dapat mendiskusikan makalah dengan orang lain, termasuk penulis.

Standar Objektivitas
Para editor dan pengulas diminta untuk mengevaluasi naskah berdasarkan konten. Komentar ulasan harus tetap dilakukan dengan menghormati penulis. Reviewer diminta untuk membenarkan keputusan dan rekomendasi mereka.

Pengakuan Sumber
Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan setiap naskah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan

 

KEBIJAKAN PLAGIARISME DAN RETRAKSI

Jurnal Editorial KAGANGA mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) ketika plagiarisme diidentifikasi artikel yang diajukan untuk dipublikasikan dalam Jurnal KAGANGA. Jurnal KAGANGA akan menggunakan perangkat lunak pengecekan keaslian Turnin dan Pemeriksa Plagiarisme sebagai alat kami dalam mendeteksi kesamaan teks dalam artikel.

Definisi:

Plagiarisme melibatkan "penggunaan atau penutupan imitasi bahasa dan ide-ide karya asli seseorang."

Kebijakan:

Makalah harus asli, tidak diterbitkan, dan tidak menunggu publikasi di tempat lain. Setiap materi yang diambil secara verbatim dari sumber lain secara jelas diidentifikasi sebagai berbeda dari teks asli aslinya dengan (1) identifikasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber.

Melebihi standar penggunaan yang adil (selanjutnya didefinisikan sebagai lebih dari dua kalimat atau setara dengan itu) atau salah satu dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli dan juga memerlukan identifikasi sumber; mis., publikasi sebelumnya.

Ketika plagiarisme diidentifikasi, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab untuk peninjauan makalah ini dan akan menyetujui langkah-langkah sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi dalam makalah tersebut sesuai dengan pedoman berikut:

Tingkat Plagiarisme

Minor:

Bagian pendek dari artikel lain yang tidak unik atau data diambil dari kertas lain

Tindakan: Peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar artikel asli dibuat

Menengah: Sebagian besar kertas dijiplak tanpa kutipan yang sesuai dengan kertas aslinya

Tindakan: Artikel yang dikirim ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut selama satu tahun

Parah: Sebagian besar makalah dijiplak yang melibatkan mereproduksi ide-ide asli yang disajikan dalam publikasi lain

Tindakan: Makalah ini ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut selama 3 tahun.

Dapat dipahami bahwa semua penulis bertanggung jawab atas isi makalah yang mereka kirimkan karena mereka semua membaca dan memahami Jurnal KAGANGA Hak Cipta dan Ketentuan Lisensi. Jika hukuman dijatuhkan untuk plagiarisme, semua penulis akan dikenakan hukuman yang sama.

Jika kasus plagiarisme kedua oleh penulis yang sama teridentifikasi, keputusan tentang tindakan yang akan ditegakkan akan dibuat oleh dewan Editorial (Pemimpin Editor, dan anggota Editorial) dengan Ketua Editor Pemimpin . Penulis dilarang untuk mengirimkan artikel lebih lanjut selamanya.

Kebijakan ini berlaku juga untuk materi yang direproduksi dari publikasi lain oleh penulis yang sama. Jika seorang penulis menggunakan teks atau gambar yang sebelumnya telah diterbitkan, paragraf atau angka yang sesuai harus diidentifikasi dan publikasi sebelumnya direferensikan. Dapat dipahami bahwa dalam kasus makalah peninjauan atau makalah yang bersifat tutorial banyak dari materi yang sebelumnya diterbitkan.

Penulis harus mengidentifikasi sumber dari materi yang diterbitkan sebelumnya dan mendapatkan izin dari penulis asli dan penerbit. Jika seorang penulis mengirimkan naskah ke Jurnal KAGANGA dengan tumpang tindih yang signifikan dengan naskah yang dikirimkan ke jurnal lain secara bersamaan, dan tumpang tindih ini ditemukan selama proses peninjauan atau setelah publikasi kedua makalah, editor jurnal lainnya diberitahu dan kasusnya adalah diperlakukan sebagai kasus plagiarisme yang parah. Tumpang tindih yang signifikan berarti penggunaan angka yang identik atau hampir identik dan teks yang identik atau sedikit dimodifikasi untuk setengah kertas atau lebih. Untuk plagiarisme sendiri kurang dari setengah kertas tetapi lebih dari sepersepuluh kertas, kasing harus diperlakukan sebagai plagiarisme menengah. Jika plagiarisme terbatas pada bagian metode, kasus ini harus dianggap sebagai plagiarisme minor.

Jika seorang penulis menggunakan beberapa materi yang sebelumnya diterbitkan untuk mengklarifikasi presentasi hasil baru, materi yang diterbitkan sebelumnya harus diidentifikasi dan perbedaan untuk publikasi ini harus disebutkan. Izin untuk menerbitkan ulang harus diperoleh dari pemegang hak cipta. Dalam kasus naskah yang awalnya diterbitkan dalam proses konferensi dan kemudian diserahkan untuk publikasi dalam Jurnal KAGANGA baik dalam bentuk yang identik atau diperluas, penulis harus mengidentifikasi nama proses konferensi dan tanggal publikasi dan mendapatkan izin untuk publikasi ulang dari pemegang hak cipta. Editor mungkin memutuskan untuk tidak menerima makalah ini untuk publikasi.

Namun, seorang penulis diizinkan untuk menggunakan bahan dari presentasi yang tidak dipublikasikan, termasuk tampilan visual, dalam publikasi jurnal berikutnya. Dalam hal publikasi yang diajukan, yang awalnya diterbitkan dalam bahasa lain, judul, tanggal, dan jurnal publikasi asli harus diidentifikasi oleh penulis, dan hak cipta harus diperoleh. Editor dapat menerima publikasi terjemahan seperti itu untuk menarik perhatian audiens yang lebih luas. Editor dapat memilih makalah tertentu yang telah diterbitkan (mis. Makalah “bersejarah”) untuk republikasi guna memberikan perspektif yang lebih baik dari serangkaian makalah yang diterbitkan dalam satu terbitan Jurnal AGRISEP. Republikasi ini harus dengan jelas diidentifikasi dan tanggal serta jurnal dari publikasi asli harus diberikan, dan izin dari penulis (s) dan penerbit harus diperoleh.

 

Editor tata letak Jurnal KAGANGA untuk Jurnal bertanggung jawab untuk menjaga daftar penulis yang dikenai hukuman dan akan memeriksa bahwa tidak ada penulis makalah yang dikirim dalam daftar ini. Jika penulis yang dilarang diidentifikasi, editor tata letak akan memberi tahu Kepala Editor yang akan mengambil tindakan yang sesuai. Kebijakan ini akan diposting di situs web dengan instruksi untuk mengirimkan naskah, dan salinannya akan dikirim ke penulis dengan email konfirmasi setelah penerimaan awal naskah asli mereka.

Retraksi dan / atau Koreksi

 

Penulis tidak disarankan untuk menarik naskah yang dikirimkan setelah naskah tersebut dalam proses publikasi (tinjau, salin, tata letak, dll.). Selama ini, Jurnal AGRISEP telah menghabiskan sumber daya berharga selain waktu yang dihabiskan dalam proses tersebut. Jika dalam keadaan apa pun penulis masih meminta penarikan, penulis harus membayar setiap upaya yang dilakukan dalam proses manuskrip sejumlah Rp 1000.000, Dibayar atas permintaan resmi dari penulis melalui email yang dikirim ke editor Jurnal KAGANGA menggunakan alamat email yang sama dengan yang digunakan dalam korespondensi.

Editor Jurnal KAGANGA akan mempertimbangkan untuk menarik kembali publikasi jika:

Mereka memiliki bukti yang jelas bahwa temuan tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan perilaku (mis. Pemalsuan data) atau kesalahan jujur (mis. Salah perhitungan atau kesalahan eksperimental)

temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa referensi silang yang tepat, izin atau justifikasi (mis. kasus publikasi yang berlebihan)

itu merupakan plagiarisme

itu melaporkan penelitian yang tidak etis

Editor Jurnal KAGANGA harus mempertimbangkan mengeluarkan ekspresi keprihatinan jika:

Mereka menerima bukti penelitian yang tidak meyakinkan atau kesalahan publikasi oleh penulis

ada bukti bahwa temuan tidak dapat diandalkan tetapi lembaga penulis tidak akan menyelidiki kasus ini

mereka percaya bahwa investigasi terhadap dugaan pelanggaran yang terkait dengan publikasi belum atau tidak, adil dan tidak memihak atau konklusif

penyelidikan sedang dilakukan tetapi penilaian tidak akan tersedia untuk waktu yang cukup lama

Editor Jurnal KAGANGA akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan koreksi jika:

sebagian kecil dari publikasi yang dapat dipercaya terbukti menyesatkan (terutama karena kesalahan jujur) daftar penulis / kontributor salah (mis. penulis yang layak telah dihilangkan atau seseorang yang tidak memenuhi kriteria kepengarangan telah dimasukkan)

Mekanisme ini mengikuti pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE) yang dapat diakses di https://publicationethics.org/files/retraction%20guidelines.pdf.