Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi promosi IAIN Bengkulu dalam meningkatkan jumlah calon mahasiswa pasca peralihan dari Sekolah Tinggi menjadi Institut .Penelitian dilaksanakan di IAIN Bengkulu, dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara dengan 3 informan, dan dokumentasI, menggunakan analisis data Daymon dan Holloway.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan strategi promosi, IAIN Bengkulu memperlihatkan langkah-langkah pokok terdiri atas pengidentifikasian audiens sasaran, perencanaan, penentuan anggaran, dan pemilihan saluran komunikasi.Bauran promosi IAIN Bengkulu meliputi kegiatan periklanan melalui media cetak, media elektronik, dan leaflet, melalui personal selling (penjualan perseorangan).Strategi promosi yang dilakukan IAIN Bengkulu sudah efektif, terbukti dari meningkatnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya.

Keywords

Strategi promosi peningkatan jumlah mahasiswa

Article Details

How to Cite
Hasnolisastro. (2019). STRATEGI PROMOSI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON MAHASISWA PASCA PERALIHAN DARI SEKOLAH TINGGI MENJADI INSTITUT. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 3(1), 106–115. https://doi.org/10.33369/jkaganga.3.1.106-115

References

  1. Armstong. (2006). Dasar-dasar Pemasaran
  2. Jakarta: Prenhallindo.
  3. Driyarkara.(2000). Tentang Pendidikan.
  4. Yogyakarta: Kanisius.
  5. Iriantara. (2004). Community Relations:
  6. konsep dan aplikasinya. Bandung:
  7. Simbiosa Rekatama Media.
  8. Kasali. (2007). Manajemen Periklanan:
  9. konsep dan aplikasinya di Indonesia.
  10. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
  11. Kotler.(2002). Dasar-dasar Pemasaran.
  12. Jakarta: Intermedia.
  13. Noviyanti. (2007). Strategi Promosi
  14. Lembaga Pendidikan Islam dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Siswa
  15. (Skripsi).Jakarta: UIN Syarif
  16. Hidayatullah.
  17. Rudy. (2005). Komunikasi dan Hubungan
  18. Masyarakat Internasional. Bandung:
  19. Refika Aditama.
  20. Shiroth. (2008). Merancang Strategi Bauran Komunikasi dan Promosi.Diunduh 25 Juni 2013. Available from:
  21. http://www.angelfire.com/id/akademika/rkul iah2.html
  22. Syah. (2005). Psikologi Pendidikan dengan
  23. Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  24. Tiera. (2012). Strategi Promosi Universitas
  25. Swasta Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Corporate MarketingCommunication Universitas Bina Nusantara Jakarta) (Skripsi). Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
  26. Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran.
  27. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  28. http://iainbengkulu.ac.id