Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara rinci mengenai profil seorang anak jalanan yang menjalani kegiatan belajar atau proses Pembinaan dengan pemberdayaan bernama Nurul Aulia yang dilakukan di Rumah Singgah Al-Ma’un Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deksriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada proses pemeriksaan keabsahan data adalah dengan menggunakan trianggulasi berupa trianggulasi waktu, trianggulasi subjek, dan trianggulasi teknik. Manfaat yang didapatkan di Rumah Singgah Al-Ma’un yaitu manfaat Kognitif dan afektif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Rumah Singgah Al-Ma’un sebagai lembaga pendidikan nonformal memang benar adanya sebagai salah satu lembaga yang melaksanakan pemberdayaan masyarakat salah satunya adalah kepada anak jalanan yang bernama Nurul Aulia.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anwas, O. M. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.
- Danim, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
- Effendy, Muhammad Natsir Noor F. N. (2008). Evaluasi Penanganan Anak Jalanan Pada Rumah. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 5, 142-143.
- Gea, Antonius Atosokh. 2014. Time Managemen: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efesien. Jurnal Humaniora, 5 (2), 778.
- Kangie, A. F. 2016. Program Pelayanan Rumah Singgah. Jurnal Ilmu Sosial.
- Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 7 Tahun 2007 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat, pasal 1 ayat 8
- Rivanlee Anandar, B. W. 2015. Dukungan Sosial Terhadap Anak Jalanan Di Rumah Singgah. share social of journal, 5, 5.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
- Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Padang: Tidak Diterbitkan
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Putra, F., Hasanah, D., & Nuriyah, E. 2015. Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah. SHARE: Social Work Journal, 5(1).
- Wildan Saugi, S. S. 2015. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. JPPM (Jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat)
References
Anwas, O. M. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.
Danim, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Effendy, Muhammad Natsir Noor F. N. (2008). Evaluasi Penanganan Anak Jalanan Pada Rumah. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 5, 142-143.
Gea, Antonius Atosokh. 2014. Time Managemen: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efesien. Jurnal Humaniora, 5 (2), 778.
Kangie, A. F. 2016. Program Pelayanan Rumah Singgah. Jurnal Ilmu Sosial.
Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 7 Tahun 2007 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat, pasal 1 ayat 8
Rivanlee Anandar, B. W. 2015. Dukungan Sosial Terhadap Anak Jalanan Di Rumah Singgah. share social of journal, 5, 5.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Padang: Tidak Diterbitkan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Putra, F., Hasanah, D., & Nuriyah, E. 2015. Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah. SHARE: Social Work Journal, 5(1).
Wildan Saugi, S. S. 2015. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. JPPM (Jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat)