Main Article Content
Abstract
Keberhasilan suatu usaha pastinya selalu berdampingan dengan suatu perencanaan yang baik. Perencanaan yang baik dimulai dari memaksimalkan tujuan dan target yang ingin dicapai, merumuskan strategi dan memfasilitasi saran dan prasarana yang memadai shingga proses kegiatannya terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara sistemasi berkaitan dengan perencanaan usaha dagang gula semut sari aren di Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan memalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari perencanaan yang dilakukan di usaha dagang gula semut sari aren dapat disimpulkan bahwa perencanaan usaha dagang gula semut sari aren di Kabupaten Rejang Lebong memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai tambah gula aren batok menjadi gula semut yang yang secara ekonomi memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan dengan gula aren batok, menciptakan lapangan pekerjaan dan untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga. Menggunakan strategi pemasaran dengan media sosial seperti instagram, facebook,whatshap dan tokopedia. Sarana dan prasaran yang ada sudah mendukung seperti satu set mesin pengolahan gula semut. Pada pengorganisasian sudah berjalan maksimal fungsi/tugas disetiap anggita sudah sesuai dengan tupoksi masing-masing.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Penerbit: Mitra Wacana Media : Jakarta
- Andayani, E. Sri, L. Ain, N. (2018). Langkah Awal Memulai Usaha Melalui Business Plan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vlm. 6 (2). Hlm. 84-88.
- Arikunto, Suharsimi.(2010).Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Keputusan Menteri Keuangan Nomor 316/KMK.016/1994 tanggal 27 Juni 1994 tentang Usaha Perseorangan
- Pratama, Rheza.(2020). Pengantar Manajemen. Penerbit : CV BUDI UTAMA
- Setyaningsih, Puji. (2018).Pengaruh Perencanaan Usaha Dan Kesiapan Kerja terhadap Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XII SMKN 5 Batanghari. Artikel Ilmiah: Fkip Universitas Jambi. Hlm. 1-11
- Siswosoediro, Henry S. (2008). Buku Pintar Pengurusan Perizinan & Dokumen. Jakarta Selatan : Penyunting Yoga Anggoro, Visimedia
- Sugioyono. 2013. Metode Penelitian
- Kuantitatif, Kualitatif, dan
- Kombinasi. Alfabet, Bandung.
- Sugiyono.(2015).Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV ALFABET
- Sumampouw, O. Olviane & Mawantu, Priska. (2020). Peluang Usaha Dagang Berjualan Kue Dengan Modal Kecil Di Pasar Tradisional Remboken. Jurnal : Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4 (5). Hlm. 259-263
- Supriyanto. (2009). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 6 (1). Hlm 73-83.
- Undang – Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil Menengah
References
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Penerbit: Mitra Wacana Media : Jakarta
Andayani, E. Sri, L. Ain, N. (2018). Langkah Awal Memulai Usaha Melalui Business Plan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vlm. 6 (2). Hlm. 84-88.
Arikunto, Suharsimi.(2010).Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Keputusan Menteri Keuangan Nomor 316/KMK.016/1994 tanggal 27 Juni 1994 tentang Usaha Perseorangan
Pratama, Rheza.(2020). Pengantar Manajemen. Penerbit : CV BUDI UTAMA
Setyaningsih, Puji. (2018).Pengaruh Perencanaan Usaha Dan Kesiapan Kerja terhadap Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XII SMKN 5 Batanghari. Artikel Ilmiah: Fkip Universitas Jambi. Hlm. 1-11
Siswosoediro, Henry S. (2008). Buku Pintar Pengurusan Perizinan & Dokumen. Jakarta Selatan : Penyunting Yoga Anggoro, Visimedia
Sugioyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Kombinasi. Alfabet, Bandung.
Sugiyono.(2015).Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV ALFABET
Sumampouw, O. Olviane & Mawantu, Priska. (2020). Peluang Usaha Dagang Berjualan Kue Dengan Modal Kecil Di Pasar Tradisional Remboken. Jurnal : Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4 (5). Hlm. 259-263
Supriyanto. (2009). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 6 (1). Hlm 73-83.
Undang – Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil Menengah