Main Article Content

Abstract

Keberhasilan suatu usaha pastinya selalu berdampingan dengan suatu perencanaan yang baik. Perencanaan yang baik dimulai dari memaksimalkan tujuan dan target yang ingin dicapai, merumuskan strategi dan memfasilitasi saran dan prasarana yang memadai shingga proses kegiatannya terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara sistemasi berkaitan dengan perencanaan usaha dagang gula semut sari aren di Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan memalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari perencanaan yang dilakukan di usaha dagang gula semut sari aren dapat disimpulkan bahwa perencanaan usaha dagang gula semut sari aren di Kabupaten Rejang Lebong memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai tambah gula aren batok menjadi gula semut yang yang secara ekonomi memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan dengan gula aren batok, menciptakan lapangan pekerjaan dan untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga. Menggunakan strategi pemasaran dengan media sosial seperti instagram, facebook,whatshap dan tokopedia. Sarana dan prasaran yang ada sudah mendukung seperti satu set mesin pengolahan gula semut. Pada pengorganisasian sudah berjalan maksimal fungsi/tugas disetiap anggita sudah sesuai dengan tupoksi masing-masing.

 

Keywords

Pengelolaan Gula semut aren Usaha Dagang

Article Details

How to Cite
Winarti, K., Abdullah, I., & Sofino, S. (2021). Perencanaan Usaha Dagang Gula Semut Sari Aren. Journal Of Lifelong Learning, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.33369/joll.4.2.143-149

References

  1. Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Penerbit: Mitra Wacana Media : Jakarta
  2. Andayani, E. Sri, L. Ain, N. (2018). Langkah Awal Memulai Usaha Melalui Business Plan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vlm. 6 (2). Hlm. 84-88.
  3. Arikunto, Suharsimi.(2010).Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 316/KMK.016/1994 tanggal 27 Juni 1994 tentang Usaha Perseorangan
  5. Pratama, Rheza.(2020). Pengantar Manajemen. Penerbit : CV BUDI UTAMA
  6. Setyaningsih, Puji. (2018).Pengaruh Perencanaan Usaha Dan Kesiapan Kerja terhadap Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XII SMKN 5 Batanghari. Artikel Ilmiah: Fkip Universitas Jambi. Hlm. 1-11
  7. Siswosoediro, Henry S. (2008). Buku Pintar Pengurusan Perizinan & Dokumen. Jakarta Selatan : Penyunting Yoga Anggoro, Visimedia
  8. Sugioyono. 2013. Metode Penelitian
  9. Kuantitatif, Kualitatif, dan
  10. Kombinasi. Alfabet, Bandung.
  11. Sugiyono.(2015).Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV ALFABET
  12. Sumampouw, O. Olviane & Mawantu, Priska. (2020). Peluang Usaha Dagang Berjualan Kue Dengan Modal Kecil Di Pasar Tradisional Remboken. Jurnal : Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4 (5). Hlm. 259-263
  13. Supriyanto. (2009). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 6 (1). Hlm 73-83.
  14. Undang – Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil Menengah