Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok

Authors

  • Agnesia Bergita Anomeisa IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Dian Ernaningsih IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10635

Keywords:

media pembelajaran matematika, multimedia interaktif, powerpoint vba, penyajian data berkelompok

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan, dan  respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif melalui PowerPoint VBA pada penyajian data berkelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif diperoleh hasil validasi produk dari ahli materi mendapatkan rerata skor total adalah 4,15 dari 6 dengan kriteria sangat layak. Dari ahli materi dan guru matematika SMA mendapatkan rerata skor total sebesar 3,88 dari 5 dengan kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sudah valid untuk diimplementasikan. Respon siswa dapat dilihat dari hasil ujicoba kelas kecil yaitu pada siswa kelas sebelas pada suatu sekolah di Maumere yang diperoleh rerata skor 3,03 dari 5. Hasil ini masuk dalam klasifikasi sikap setuju. Dari ujicoba di kelas besar diperoleh rerata skornya 3,51 dari 5 dengan klasifikasi sangat setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa sangat merespon baik dengan meyetujui penggunaan media ini.

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bindu, C.N. (2016). Impact of ICT on Teaching and Learning: A Literature Review. International Journal of Management and Commerce Innovation, 4(1), 24-31.

Chee, T.S., & Wong, A.F.L. (2003). Teaching and learning with technology. Singapore: Prentice Hall.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Githua, B.N. (2013). Secondary School Student Perceptions’ of Mathematics Formative Evaluation and the Perceptions’ Relationship to the Their Motivation to the Learn the Subject by Gender in Nairobi and Rift Valley Provinces, Kenya. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 2(1), 174-183.

Haji, D. O. M. S., & Herawaty, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 153-163.

Herdian, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Level Berpikir Siswa dalam Memahami Konsep dan Prinsip Bangun Ruang dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Beradasarkan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 111-119.

House, J.D. (2012). Science achievement of elementary-school students in the United States and Japan in TIMSS 2007: An assessment of the effects of technology engagement and classroom lesson activities. International Journal of Instructional Media, 39(3), 263-275.

Isran, D. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis model struktur representasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 127-140.

Kember, D., Ho, A. & Hong, C. (2008). The importance of establishing relevance in motivation student learning. Active Learning in Higher Education, 9(3), 249-263.

Kurniawan, Y. (2008). Pemograman VBA PowerPoint 2007. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Marfuah, Zulkardi, & Aisyah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan PowerPoint disertai Visual Basic for Application Materi Jarak pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP-UMRAH, 1(1), 45-53.

Mercier, E. M., & Higgins, S. E. (2013). Collaborative learning with multi-touch technology: Developing adaptive expertise. Learning & Instruction, 25, 13-23.

Munadi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Nilsen, H. (2009). Influence on student academic behaviour through motivation, self-efficacy and value-expectation: an action research project to improve learning. Issues in Informing Science and Information Technology, 6, 545-556.

Nirwana, N. (2017). Penggunaan Media Komputer untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kuantum Learning pada Mata Kuliah Filsafat Matematika Mahasiswa S2 Prodi Matematika Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 155-160.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 22 Tahun 2016.

Rudi, S. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sadiman, A.S. (2011) Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahrir, S., & Ratumanan, T. G. (2018). Komparasi hasil belajar geometri pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi aplikasi swishmax, pembelajaran kooperatif tanpa swishmax, dan model pembelajaran konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 10-20.

Sanaky, H. (2011) Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantera.

Sospolita, N., Aisyah, S., & Widada, W. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 194-201.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta : Alfa beta.

Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulisworo, D., Kusumaningtyas, D.A., Handayani, T., Nursulistyo, E. (2019). E-Learning Impacts on Critical Thinking Skills in Science Learning, International Journal of Recent Technology and Engineering, (8(4), 3434-3439.

Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan multimedia menggunakan Visual Basic for Application (VBA) untuk meningkatkan profesionalisme guru matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 30-40.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Uno, H.B. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winatsman, G & Sunarto. (2010). PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yung, K. (2011). 350 Profesional & Easy Steps PowerPoint. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Zulham, M., & Sulisworo, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 132-141.

Published

2020-03-12

How to Cite

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 17–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10635

Issue

Section

Articles