Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Menggunkaan Web Pembelajaran pada Perkuliahan Aljabar Rendah

Authors

  • Effie Efrida Muchlis Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
  • Syafdi Maizora Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10637

Keywords:

CIRS, Web pembelajaran, Permasalahan, hasil belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan permasaalahan yang timbul pada saat menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan Web Pembelajaran  pada perkuliahan Aljabar Rendah serta cara mengatasinya. 2) mengetahui cara meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan Web Pembeajaran  pada perkuliahan Aljabar Rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Aljbar Rendah pada semester ganjil tahun akademik 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil analisis lembar observasi aktivitas dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan Web Pembelajaran adalah : 1) permasalahan yang timbul yaitu belum semua mahasiswa terlibat dalam kegiatan eksplorasi dan aplikasi, Sumber materi hanya melalui Web dan Kesimpulan yang dibuat belum bervariasi. 2) Meminta mahasiswa membaca lebih dari 2 sumber, setelah materi pada Web dibaca mahasiswa langsung membuat kesimpulan dengan pola Analisis.

 

References

Arifin, Herman. 2018. Pengaruh pembelajaran e-learning model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12. No 2. Pp 1-12

Anni, C. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang. Unnes Press.

Bawaneh, S.S. 2011. The Effect of blended learning approch on student performance: evident from a computerized accounting course. Interdiciplinary Journal of Reserch in Business. 1(4). 43-50

Castle, S R, McGuire, C.J. 2010. An analysis of student self assessment of online, blended, and face to face learning environment: implication for sustainble education delevery. Journal of Internasional Education Studies. 3(3). 36 – 46

Danang Setyadi, Qohar. 2017. Penembangan Media Pembelajaran Maatematika Berbasis Web pada materi Baris dan Deret. Jurnal Kreano, Vol 8, No 1, 2017. Hal 1 - 7

Durukan, E. Effects of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Reading-Writing Skill. Education Reserch and Reviews. 2011. 6(1). 102-109.

Edge, T.S. 2008. Radius, Diameter, Circumference, ?, Geometer’s Sketchpad, and you. www.montanamath.org

Furner, Yahya, Duffy. 2008. 20 days to teach mathematics: Strategies to Reach all Student. www.teachingstrategiesbyjen.com/document/Math.pdf

Kristina Nuraini, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Mata Kuliah Pengantar Teori Graf Menggunakan Joomla Dam Macromedia Flash 8 (Studi Kasus Pokok Bahasan Teori Dasar Graf Dan Pewarnaan Graf). Gunadarma. Depok:Univ. 2000.

Maizora, S. Pengembangan Web Pembelajaran Berbasis PAKEM pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Laporan Penelitian. Bengkulu.2013

Nina., Suharto., Dinawati. Penerapan Model pembelajaran Kooperative Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan hasil belajar Siswa Pokok Bhasan Aritmatika Sosial kelas VIIc SMPN 5 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma. 2012. Vol 3 No 3. Hal 147-158.

Noesgaard S.S, Rikke. 2015. The Effectiviness of Learning an Explorative and Integrative Review af the Definitions, Methodologies and factors that promote e-learning effectiviness. The electronic Journal of e_learning. 13(4). 278-290

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Said. 2004. Efektivitas Computer AssistedInstructional (CAI) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa sekolah menengah Umum Negeri. Jurnal Departemen Pendidikan Nasional.

Saragih, H.P. 2007. Belajar tak lagi membosankan. www.wartaekonomi.com

Slavin, Robert. Cooveratif Learning, Diterjemahkan oleh Narulita Yusron dengan Judul Cooperative Learning. Nusa media. Bandung: 2008.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana pustaka.

Uwes A. Chaeruman, “E-learning dalam Pendidikan Jarak Jauh”. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kemendiknas. 2010.

Wulandari N, mashuri. Unnes Journal of mathematics Education. Vol 3(3). 2014. 232-239

Yucel, A S (2006) E-learning Approch in Theacher Training. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 7(4). 1-8

Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic mathematics Education for Indonesian Student Teacher. Disertasi.

Published

2020-03-12

How to Cite

Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2020). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Menggunkaan Web Pembelajaran pada Perkuliahan Aljabar Rendah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 32–45. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10637

Issue

Section

Articles