Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment

Authors

  • Nurul Astuty Yensy Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10639

Keywords:

Model Pembelajaran Concept Attainment, Pemahaman Konsep, Statistika non parametrik.

Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam melakukan inferensi statistika khususnya data nonparametrik masih rendah, sehingga pemahaman konsep mereka masih relatif kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktifitas belajar dan pemahaman konsep mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Concept Attainment pada matakuliah statistika nonparametrik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas mahasiswa dan lembar tes setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa dengan cara mengerjakan lembar diskusi dan menganalisa gambar konsep dan gambar bukan konsep secara berkelompok dengan skor aktifitas meningkat dari 64,40% menjadi 77,78%. Peningkatan pemahaman konsep juga meningkat dari 65,22% (cukup tinggi) menjadi 78,44% (tinggi). Hendaknya peneliti lain bisa memodifikasi dengan strategi pembelajaran kooperatif yang lain, sehingga bisa dibandingkan hasilnya.

 

 

References

Aqib, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, RW. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Erlangga.

Fakhrur, Razi. 2016. Penerapan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII E SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Herawaty, D, Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080.

Herawaty, Dewi, Widada, W., Umam, K., Nugroho, Z., Falaq, A., & Anggoro, D. (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 21–25.

Herawaty, D, Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080

Herawaty, Dewi, Widada, W., Umam, K., Nugroho, Z., Falaq, A., & Anggoro, D. (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 21–25.

Herdian, F., Widada, W., Herawaty, D., Studi, P., Pascasarjana, S., Matematika, P., & Bengkulu, U. (2019). Level Berpikir Siswa dalam Memahami Konsep dan Prinsip Bangun Ruang dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Beradasarkan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 111–119.

Huda, M. 2007. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Joyce, Bruce, Marsha Weil dan Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

L, Cohen et al. 2007. Research Methods in Education. 6th ed. New York: Routledge.

Tiyarni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Uno, Hamzah B. 2017. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yensy, NA. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Exacta. Vol. X No 1 Juni 2012. FKIP UNIB.

Yensy, NA. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Scientific Melalui Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Nonparametrik di Prodi Pendidikan Matematika UNIB. Jurnal Pendidikan Bumi Raflesia. Tahun Ke-4. No.2. LPMP Bengkulu.

Yensy, NA. 2018. Increasing the Students’ Learning Motivation and Understanding of Concept by Using Example and Non-Example Learning. ICETeP. Advances in Social Science, Education and Humaities Research, volume 295. Atlantis Press.

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 8(2), 279–287.

Yulfitri, & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 76–85.

Published

2020-03-12

How to Cite

Yensy, N. A. (2020). Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 64–74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10639

Issue

Section

Articles