Kemampuan Guru-guru Matematika SMP Kabupaten Ponorogo dalam mengembangkan soal Berpikir Tingkat Tinggi

Authors

  • Endah Budi Rahaju Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Dini Kinati Fardah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Pradyo Wijayanti Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10640

Keywords:

emampuan guru SMP, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pengembangan soal

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan tuntutan zaman jika seseorang ingin bersaing dalam dunia kerja sekarang ini. Setiap guru diharapkan mampu untuk memfasilitasi peserta didiknya untuk dapat mencapai keterampilan tersebut, tidak terkecuali guru matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan guru-guru matematika SMP Kabupaten Ponorogo dalam mengembangkan soal yang melibatkan berpikir tingkat tinggi dalam penyelesaiannya. Sebanyak 28 guru diberikan tugas untuk menyusun satu soal berpikir tingkat tinggi setelah diberikan pendampingan sebelumnya. Soal yang disusun guru tersebut dianalisis berdasarkan tiga hal, yaitu 1) topik yang dipilih oleh guru; 2) klasifikasi soal berdasarkan dimensi proses kognitif; dan 3) klasifikasi sebagai soal berpikir tingkat tinggi. Hasil menunjukkan bahwa topik yang dipilih oleh guru sudah mencakup aljabar, bilangan, statistik dan peluang, maupun geometri. Sementara berdasarkan dimensi proses kognitif Taksonomi Bloom, soal-soal yang disusun guru-guru mencakup dimensi memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Dari soal-soal tersebut, 54,71% dari seluruh soal saja yang sudah dikategorikan sebagai soal yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

k

References

Abdullah, A. H., Mokhtar M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L.M., dan Kohar, U. H. A (2017). Mathematics Teachers’ Level of Knowledge and Practice on the Implementation of Higher-Order Thinking Skills (HOTS). EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, Vol. 13, No 1, pp 3-17

Anderson, L.W. dan Krathwohl,D.R.(eds). (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York : Longman

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089

Julita, S., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Local Culture-Based Learning Model To Improve Teaching Abilities For Pre-Service Teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012058), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012058

Junizon, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 44–52. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7528

Kemdikbud. (2016). Permendikbud nomor 23 tahun 2016 Bab II Pasal 2 tentang Standar Penilaian Kurikulum 2013

Kemdikbud. (2016). Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Komptensi Dasar Kurikulum 2013

King, F.J., Goodson, L., & Rohani. (2006). Higher Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment

Nenty H. J., Adedoyin, O. O., Odili, J. N., dan Major, T. E. (2007). Primary Teachers’ Perceptions of Classrom Assessment Practices as Means of Providing Quality Primary/basic Education in Bostwana and Nigeria. Educational Research and Review. Vol 2(4)

Rahaju, E.B., Budiarto, M.T., Masriyah, Fardah, D. K. (2018). Pendampingan Guru SMP Dalam Mengembangkan Soal Level Penalaran. Laporan PKM Kebijakan FMIPA Unesa.

Rahaju E.B. & Fardah, D.K. (2018). An identification of Teachers Ability on Posing HOTS mathematics problems. International Conference on Science and Technology (ICST 2018). Atlantis Highlights in Engineering, Vol 1.

Resnick, L.B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, DC: National Academy Press

Thompson.T. (2008). Mathematic Teacher’s Interpretation on Higher Order Thinking in Bloom’s Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematic Education. Vol 2, Juli 2008

Umam, K., & Nugroho, Z. (2019). The Training Design for Vocational Teachers in Bengkulu. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012055), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012055

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etno- Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 417–421.

Published

2020-03-12

How to Cite

Rahaju, E. B., Fardah, D. K., Wijayanti, P., & Ismail, I. (2020). Kemampuan Guru-guru Matematika SMP Kabupaten Ponorogo dalam mengembangkan soal Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 75–81. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10640

Issue

Section

Articles