Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon

Authors

  • Erizca Deswantari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10661

Keywords:

Representasi matematis, pemecahan masalah matematika, poligon

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa dalam memecahkan materi poligon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Salatiga yang berjumlah 6 subjek. Terdiri dari dua subjek kategori tinggi, dua subjek kategori sedang, dan dua subjek kategori rendah. Pemilihan subjek berdasarkan hasil Tes 1 dan yang telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan matematika materi poligon pada Kelas X Semester 2. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes 2 dan dilanjutkan wawancara secara individu untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi matematis siswa tidak dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswa. Pada subjek kategori tinggi, kedua subjek menunjukkan bahwa hasil representasinya berbeda. Subjek PF tidak mengalami kesulitan dalam menjawab soal, namun kurang menarik kesimpulan. Sedangkan subjek NA masih kesulitan untuk menggambar, ekspresi matematis belum tepat, dan kesulitan menjelaskan pada saat wawancara. Begitu pula pada kategori sedang dan rendah. Dimana pada kategori yang sama terkadang memiliki representasi yang berbeda.

References

A M Irfan Taufan Asfar, S. N. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing & Solving : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Dalam Model Pembelajaran Problem Posing & Solving : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. CV Jejak.

Andhani, R. A. (2016). Representasi Eksternal Siswa dalam Pemecahan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 179-186.

Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Dalam Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika (hal. 62). Yogyakarta: Deepublish.

Dahlan, J. A. (2011). Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Dalam Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darminto, B. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Model Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 101-107.

Fatqurhohman. (2016). Representasi Matematis dalam Membangun Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Pascasarjana.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152.

Hariati, N. (2016). Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Di SMPN 5 Sidoarjo. MathEdunesa, 5(3).

Herawaty, D., Widada, W., Umam, K., Nugroho, Z., Falaq, A., & Anggoro, D. (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 21–25.

Mudzakir, A. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-21.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Polya, G. (1973). How to Solve it (New of Mathematical Method). New Jersey. Prince University Press.

Pratiwi, W. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6).

Putra, H., & dkk. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.

S Krulik & J A Rudnick. (1993). A handbook for elementary school teachers. Dalam Reasoning and Problem Solving. Boston: M.A Allyn and Bacon.

Samo, D. D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Tahun Pertama pada Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141-152.

Sanjaya, I. I., & dkk. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2).

Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense-making in mathematics. Handbook for Research on Mathematics Teaching and Learning, 334-370.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Departemen Pendidikan Nasional. Yogyakarta.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Spiner Link, 29(3), 75-80.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syahdi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa MI Kota Bengkulu melalui Pembelajaran CMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 73–78. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7532

Tias, A., & Wutsqa, D. (2015). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.

Umah. (2015). Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Terhadap Situasi Nyata Kejadian Dinamis ke dalam Grafik. Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Utami, R., & Wutsqa, D. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

W Y Hwang. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, 10(2), 191-212.

Wijayanti, R., & dkk. (2017). Profil Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 1(4).

Published

2020-03-10

How to Cite

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 46–63. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10661

Issue

Section

Articles