Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Devi Yunita SMKS 10 Telekomunikasi Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10663

Keywords:

Komunikasi Matematis, Pembelajaran Luar Kelas, Teknik Scaffolding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bengkulu Tengah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Mei Tahun 2019 dengan menggunakan uji hipotesis yaitu Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 40,4%, dan (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

 

References

Asmara, W. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 90–95. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7535

Charlotte. 2003. The Treatment of Mathematical Communication in Mainstream Algebra Texts. The Mathematics Education into the 21st Century Project, Proceedings of the International Conference, The Decidable and the Undecidable in Mathematics Education Brno, Czech Republic, September 2003.

Herawaty, D. 2017. Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Herawaty, D., & Rusdi, R. (2016). Increased Capacity Of The Understanding Of The Concept And The Ability To Solve Problems Through The Implementation Of The Model Of Teaching Mathematics Realistic Based On Cognitive Conflict Students. Infinity Journal, 5(2), 109-120.

Herber, H., & Herber, J. 1993. Teaching in Content Areas With Reading, Writing, and Reasoning. Allyn & Bacon: Needham Heights, M.A.

Hill, J.R., & Hannafin. 2001. Teaching and Learning in Digital Environments: The Resurgence of Resource-Based Learning. Educational Techonology Research and Development, 49 (3), 37-52.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011, ISSN 1412-565X [online] diakses pada tanggal 22 Januari 2018.

Lawson, L. 2002. Scaffolding as a Teaching Strategy. [online], diakses tanggal 29 Mei 2015.

Lestari, Kurnia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

National Cauncil of Teacher of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Stone, A.1998. The Metaphor of Scaffolding: Its Utility for the Field of Learning Disabilities. Journal of Learning Disabilities.Vol.3(4), pp. 344-364.

Taqwan, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524

Widada W, Nugroho K U Z , Sari W P, dan Pambudi G A. (2018). The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Etnomathematics. Seminar on Advances in Mathematics, Science, and Engineering for Elementary Schools. Mercure Hotel Yogyakarta, 16 August 2018

Widada, W, & Herawaty, D (2017). Realistic Mathematics Learning Based on Bengkulu Ethnomatematics to Increase Cognitive Level. Bengkulu International conference on science and education, 14-15 desember 2017.

Widada, W. 2016a. Kemampuan Abstraksi Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memahami Konsep-konsep Analisis Real ditinjau berdasarkan Struktur Kognitif. Artikel dimuat dalam Prosiding SEMIRATA MIPA PTN BKS Barat 22-24 Mei 2016 di Unsri Palembang.

Widada, W. 2012. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Siswa SMP Kota Bengkulu melalui Pembelajaran Matematika yang Membumi di Bumi Raflesia. Laporan Penelitian Hibah Unggulan PT: DP2M Dikti Kemendikbud.

Widada, W. 2015. Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Artikel dimuat dalam: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31-44.

Widada W, Nugroho K U Z , Sari W P, dan Pambudi G A. 2018. The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Etnomathematics. Seminar on Advances in Mathematics, Science, and Engineering for Elementary Schools. Mercure Hotel Yogyakarta, 16 August 2018

Widiasworo, E. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learing) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Published

2020-03-10

How to Cite

Yunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 112–126. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10663

Issue

Section

Articles