Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu

Authors

  • A. Naashir M. Tuah Lubis Universitas Bengkulu
  • Wahyu Widada Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10664

Keywords:

Problem Solving, Pembelajaran Matematika Realistik, Etnomatematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan problem solving yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika bengkulu dan pembelajaran konvensional dengan mengontrol kemampuan awal problem solving. Rancangan penelitian ini adalah postes pretest desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 356 orang. Sampel dimabil dengan cara intact group sampling  dengan jumlah 68 siswa dari Kelas X MIPA A dan MIPA D untuk SMA N 2 Bengkulu. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Secara signifikan ada perbedaan kemampuan problem solving yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika bengkulu lebih baik dari siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional dengan mengontrol kemampuan awal problem solving dengan besar perbedaan rerata akhir 11.118.

 

References

Amala, M. A. (2016). Profil proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa smp dalam menyelesaikan masalah kontekstual pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 3(5).

Clements, D. H. (2001). Mathematics in the preschooler. Teaching Children Mathematics.

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

D'Ambrósio, U. (2006). Ethnomathematics: Link between traditions and modernity. AMC, 10, 12.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational studies in mathematics, 39(1-3), 111-129.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.

Herawati. D, W. Widada, T. Novita, L. Waroka, and A. N. M. T. Lubis, (2018) “Students ’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong , Indonesia Students ’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong , Indonesia,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1088, no. 1, pp. 1–7.

Herawaty, D. 2017. Peningkatan kompetensi siswa SMP di kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 2 No. 1: 46-62

IEA. (2015). TIMSS internasional result in mathematics. TIMSS & PIRLS. Internasional Study Center.

Lubis, A. N. M. T, Sefriyani, D, & Novita T. (2017). Etnomatematika Tradisi Tabut Dan Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional 2017. Program Magister Pendidikan Dasar. Diseminarkan 9 November 2017. ISBN 978-602-8043-79-3

Lubis, A. N. M. T., & Yanti, D. (2018). Identifikasi etnomatematika batik besurek bengkulu sebagai media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan. Wahana Didaktika, 16(3).

Mariska, W. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Model Pembelajaran Learning Cycle dan Guided Discovery Siswa SMP 6 Bengkulu Selatan. Bengkulu: Skripsi UMB Tidak diterbitkan

Marsigit. (2016). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016 STKIP PGRI Sumatera Barat dengan Tema Etnomatematika, Matematika dalam Perspektif Sosial dan Budaya. 16 April 2016. Padang. Indonesia.

Prihasatri, EB. (2015). Pemanfaatan etnomatematik melalui permainan engklek sebagai sumber belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. (1) (2) : 155-162.

Shirley, L. (2001). Ethnomathematics as a fundamental of instructional methodology. ZDM, 33(3), 85-87.

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. In Encyclopedia of mathematics education (pp. 521-525). Springer Netherlands.

Widada, W, & Herawaty, D (2017). Realistic mathematics learning based on Bengkulu ethnomatematics to increase cognitive level. Bengkulu International conference on science and education, 14-15 desember 2017.

Widada, W, D. Herawaty, and A. N. M. T. Lubis, (2018) “Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students ’ cognitive level Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students ’ cognitive level,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1088, no. 1, pp. 1–8,.

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika Denganmemanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 22(1).

Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada Keraton Yogyakarta. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).

Published

2020-03-10

How to Cite

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10664

Issue

Section

Articles