Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Nurbaiti Nurbaiti SMA N 1 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10665

Keywords:

Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Kemampuan pemahaman Konsep, dan kemampuan berfikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPA SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 35 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif yang terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitasnya.  Data dianalisis dengan Anava Mixed Design. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep, yaitu sebesar  83,1% dan terhadap kemampuan berpikir kreatif, yaitu sebesar 58,5%. Serta terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif, yaitu sebesar 37,7%.

 

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Egen, Paul D & Kauchak Donald P. 1996. Strategi for teacher teaching Content and Thinking Skills.Third Edition. Boston: Allyn&Bocon: Allyn & Bocon.

Joyce, B dan Marsha Weil (1992). Model of Teacching. New York: Harper & Row Jawa Pos, (harian umum, 13 Maret 1995)

Suherman dkk,. 1996. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, JICA: Universitas Pendidikan Indonesia.

Soejadi. 1995. Miskonsepsi Dalam Belajar Matematika (Pokok-pokok tinjauan dikaitkan dengan Konstruktivisme), Surabaya: Media Pendidikan IKIP Surabaya.

Tatag Yuli Eko Siswono. 2007. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi.

Tim PKG Matematika. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses. Yogyakarta. Depdikbud.

Wahyudin.1999. Kemampuan guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi. UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Published

2020-03-11

How to Cite

Nurbaiti, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 134–139. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10665

Issue

Section

Articles