Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405Keywords:
Etnomatematika, budaya, permainan tradisional kelerengAbstract
Etnomatematika merupakan konsep matematika yang terdapat di dalam suatu budaya. kehadiran matematika yang bernuansa budaya akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan objek-objek matematika yang terdapat pada permainan tradisional kelereng dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan studi literatur secara langsung kepada responden. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan analisis data serta pemaparan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional kelereng memiliki etnomatematika yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika diantaranya konsep geometri seperti lingkaran, bola, segitiga dan juga konsep jarak. Konsep-konsep matematika tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan memahami konsep geometri dan jarak melalui budaya lokal.
References
Asep Gilang Resfaty, Ipah Muzdalipah, Edi Hidayat. 2019. “Studi Etnomatematika: Mengungkap Gagasan Dan Pola Geometris Pada Kerajinan Anyaman Mendong Di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 1(1): 19–26.
Astuningtyas, Erika Laras, Andhika Ayu Wulandari, and Isna Farahsanti. 2018. “Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik.” Jurnal Math Educator Nusantara 3(2).
Dwidayati, Nurkaromah. 2018. “Menggali Etnomatematika : Matematika Sebagai Produk Budaya.” 1: 471–76.
Febriyanti, Chatarina et al. 2019. “Etnomatematika Permainan Kelereng.” 7(1): 32–40.
Fitriani, Silvia, and Yusuf Hartono. 2018. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Jambi Kota Seberang.” 2(2): 145–49.
Hardiarti, Sylviyani, Pascasarjana Pendidikan Matematika, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2017. “ETNOMATEMATIKA : APLIKASI BANGUN DATAR.” 8(2): 99–110.
Hasil, Meningkatkan, and Belajar Siswa. 2008. “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” (10): 11–21.
Herdian, Fizi et al. 2019. “Level Berpikir Siswa Dalam Memahami Konsep Dan Prinsip Bangun Ruang Dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Beradasarkan Teori APOS.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(2): 111–19.
Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089
Herawaty, Dewi, Khrisnawati, D., Widada, W., & Mundana, P. (2020). The cognitive process of students in understanding the parallels axiom through ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012077 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012077, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012077
Huda, Nuk Tohul. 2018. “Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2(2): 217.
Jumri, Rahmat. 2019. “Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan ( Manna-Bengkulu Selatan ).” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(2): 86–92.
Lubis, A Naashir M Tuah, and Wahyu Widada. 2020. “Kemampuan Problem Solving Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5(1): 127–33.
Lusiana, Desfa, Noke Hanif Afriani, Hafizatul Ardy, and Wahyu Widada. 2019. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(2): 164–76.
Maternity, First et al. 2018. “No ????????????????????? ?????????????????Title.” International Reviews of Immunology 66(1): 1–15. https://doi.org/10.3109/08830185.2014.902452%0Ahttps://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28l.
Nurbianti, Nining. “Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri Dalam Permainan Tradisional Anak Masyarakat Poogalampa Buton Selatan.” : 191–96.
Prasetyo, Suryandaru, Zaenuri Mastur, and Mohammad Asikin. 2019. “Potensi Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis.” 2: 277–86.
Pusvita, Yuni, and Wahyu Widada. 2019. “Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu ‘ Bay Tat .’” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(2): 185–93.
Romadoni, Almu Noor. 2017. “Aspek-Aspek Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Banjar Dan Penggunaan Aspek-Aspek Tersebut Untuk Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika.”
Sirate, Fatimah S. “Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.” : 41–54.
Siregar, Nurdiana, Wiwik Lestari, Prodi Pendidikan, and Guru Sekolah. 2018. “Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar.” 2(2): 1–7.
Turmudi. 2007. “Kajian Etnomatematika: Belajar Matematika Dengan Melibatkan Unsur Budaya (*) Oleh: Turmudi.” : 38–53.
Ulum, Bakhrul. 2018. “Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 4(2): 686.
Ulya, Himmatul, and Ratri Rahayu. 2017. “Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika.” Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 2(2): 16–23.
Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028
Widada, Wahyu, Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078
Widada, Wahyu, Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., & Yanti, I. D. (2020). The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012072 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012072, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072
Widada, Wahyu, Herawaty, D., Beka, Y., Sari, R. M., & Riyani, R. (2020). The mathematization process of students to understand the concept of vectors through learning realistic mathematics and ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012071 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012071, 1470, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012071
Zahroh, Umy. 1985. “No Title.” : 1–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .