Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender

Authors

  • Uum Umaroh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11408

Keywords:

kemampuan representasi matematis, soal PISA 2015, gender

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal PISA yang ditunjau dari perbedaan gender. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa Kelas VIII di SMPN 4 Kota Serang, yaitu satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa 3 soal PISA 2015 dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi visual dan simbolik antara subjek laki-laki dan perempuan. Subjek laki-laki mampu merepresentasikan visual dengan cara membuat gambar dengan benar, sedangkan subjek perempuan belum dapat merepresentasikannya dalam bentuk gambar. Untuk kemampuan representasi simbolik, subjek perempuan sudah mampu menggunakan persamaan atau model matematika dengan benar, sedangkan subjek laki-laki masih mengalami kekeliruan dalam menggunakan simbol matematika. Untuk kemampuan representasi verbal, walaupun subjek perempuan kurang percaya diri dalam menjawab soal, tapi subjek laki-laki dan perempuan telah merepresentasikan kata-kata atau teks tertulis dengan baik dengan cara menjawab soal dengan benar dan mengungkapkan kembali langkah-langkah pekerjaannya dengan jelas.

References

Aisyah. (2013). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Tingkat SMP/MTs Menggunakan Soal-Soal Tipe PISA. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 1–12.

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 46–62.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(2), 42–52.

Feriyanto, F. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat LP4MP Universitas Islam Majapahit, 90–97.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano: Jurnal Matematika Kraetif-Inovatif, 7(2), 145–152.

Hanifah, N., & Sutriyono. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MAJU, 5(1), 133–146.

Herawaty, D., Khrisnawati, D., Widada, W., & Mundana, P. (2020). The cognitive process of students in understanding the parallels axiom through ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012077 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012077, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012077

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 603–607.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal TA’DIB, 22(1), 19–25.

Kamaliyah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2013). Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA Level 4. JPM IAIN Antasari, 1(1), 1–8.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, 7(1), 14–31.

Nurhayati, E., & Subekti, F. E. (2017). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gender. Journal of Mathematics Education : AlphaMath, 3(1), 66–78.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202–210.

Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140–147.

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.

Purwanti, K. L. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Otak Kanan Pada Siswa Kelas I. SAWWA, 9(1), 107–122.

S, A. E., & Rosalina, E. (2019). Soal Matematika Model PISAMenggunakan Konteks Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 67–75.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33–44.

Santia, I. (n.d.). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 81–85.

Saputri, M. D., & Maskudi. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017, 2(5), 1–8.

Setiawan, H., Diah, N., & Lestari, S. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, November, 244–251.

Setyawati, R. D., & Ratu, N. (2019). Lapisan Pemahaman Konsep Matematika Dalam Soal PISA Pada Siswa SMA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 193–204.

Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berfikir Matematika, 3(2), 11–22.

Sugiyono, A. B., & Wijayanti, P. (2018). Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 619–623.

Syahdi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa MI Kota Bengkulu melalui Pembelajaran CMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 73–78.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta : Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240.

Ulpa, M. (2014). Gender dan Pembelajaran Matematika. Yin Yang, 9(2), 263–272.

Widada, W., Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078

Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., & Yanti, I. D. (2020). The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012072 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012072, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etno- Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 417–421.

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Chnge And Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prosiding, 199–209.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal PISA 2015. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127.

Published

2020-06-11

How to Cite

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40–53. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11408