Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal ON MIPA Matematika

Authors

  • Nur Annisa Amalia Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11409

Keywords:

analisis, kombinatorika, kesulitan mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal ON MIPA-PT Matematika tentang Kombinatorika dan menganalisis faktor-faktor penyebab mahasiswa mengalami kesulitan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek  penelitian ini adalah 3 mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah Matematika Olimpiade di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah  soal tes kombinatorika yang terdiri dari 3 soal yang diambil dari soal-soal ON MIPA-PT dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal ON MIPA-PT yaitu, (1) Kesulitan membaca dan memahami soal; (2) Kesulitan dalam menggunakan konsep yang sudah diajarkan dan (3) Kesulitan dalam langkah-langkah pengerjaan soal. Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu, kemampuan matematika mahasiswa masih kurang, kesulitan membaca dan kesulitan dalam memahami soal yang diberikan.

References

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Basu, P. (2013). Pedoman Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar.

Fachry, A. (n.d.). Olimpiade Matematika: Bidang Kombinatorika. 1–32.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. 04(02), 120–135.

Hadari Nawawi dan Mini Martini. (1996). Penelitian Terapan. https://doi.org/10.1177/1742766510373715

Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141.

Herawaty, D., Widada, W., Handayani, S., Febrianti, R., & Abdurrobbil, F. D. (2020). Students ’ obstacles in understanding the properties of the closed sets in terms of the APOS theory. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012068 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012068, 1470, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012068

Imelda, I. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar Dan Trigonometri. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 49–50. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.868

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Lithner, J. (2011). University Mathematics Students’ Learning Difficulties. Education Inquiry, 2(2), 289–303. https://doi.org/10.3402/edui.v2i2.21981

Machromah, I. U., Eriska, M., Purnomo, R., Febriyanti, K., & Ayu, H. (2017). Arithmatics Skill : Kesulitan Utama Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, (June), 365–372.

Mahmudi, A., Pendidikan, J., Fmipa, M., & Mahmudi, A. (n.d.). Kombinatorika. 1–27.

Matematika, T., Curup, I., Rifah, N. M., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 1–9.

Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Retrieved from http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar. 2014–2017.

Nasution, E. Y. P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217

Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade SMP konten aljabar Students ’ error in solving junior high school Olympiad problem on algebra content. 5(2), 233–243.

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I.

Suzana, Y., & Maulida, I. (2019). Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 15. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1661

Tambychik, T., Meerah, T. S. M., & Aziz, Z. (2010). Mathematics skill difficulties: A mixture of intricacies. Elsevier: Procedia Sosial and Behavior Sciences, 171–180. https://doi.org/10.1037/h0044160.Bruner

Wahyuni, A. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa pada materi pertidaksamaan dalam nilai mutlak. 242–248.

Widada, W., & Herawaty, D. (2018). The Effects of the Extended Triad Model and Cognitive Style on the Abilities of Mathematical Representation and Proving of Theorem. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 89–95. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.16

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etno- Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 417–421.

Yunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 112–126.

Published

2020-06-11

How to Cite

Amalia, N. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal ON MIPA Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 54–64. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11409