Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Melalui Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP)

Authors

  • Widya Paramita Sari Universitas Bengkulu
  • H Saleh Haji Universitas Bengkulu
  • Nirwana Nirwana Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11411

Keywords:

Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP Negeri 11 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Penelitian pada siklus I dan II masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan Pemahaman Konsep dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.G  SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang terdiri 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP ) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Peningkatan tes kemampuan pemahaman konsepsiswa dari Siklus I dengan nilai rata-rata  69,92; dan Siklus II dengan nilai rata-rata 81,60. Sedangkan berdasarkan hasil observasi terhadap siswa pada siklus I kategori cukup dan pada siklus II aktivitas siswa kategori baik.

References

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Anisa. 2013. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi matematis Melalui Model Pembelajaran Connected Mathematics Project di Kelas VIII SMP N 3 Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

H, Saleh. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pembelajaran Matematika Concept-Rich, Makalah disampaikan pada Kegiatan Seminar “Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Bengkulu.”

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

Herdiana , et.al. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung : PT Refika Aditama

Herdian, 2010. Kemampuan Pemahaman Konsep. Diakses pada tanggal 1 Juni 2019 dari http://herdy10.wordpress.com/2019/06/1

Lappan, Glenda. 2002. Getting to Know Connected Mathematics: Michigan State University.

Sri Wardhani. 2007. Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi. Diklat Insturktur/Pengembang Matematika SMK Tanggal 7 s.d. 20 Juli 2004 di PPPG Matematika Yogyalarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Syahdi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa MI Kota Bengkulu melalui Pembelajaran CMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 73–78. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7532

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, Wahyu, Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078

Published

2020-06-11

How to Cite

Sari, W. P., Haji, H. S., & Nirwana, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Melalui Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 75–83. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11411