Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko

Authors

  • Ferinaldi Ferinaldi Pendidikan Matematika, Jurusan PMIPA, STKIP YPM Bangko
  • Hidayati Rais Pendidikan Matematika, Jurusan PMIPA, STKIP YPM Bangko

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11414

Keywords:

Kebiasaan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa STKIP YPM Bangko. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa semester 3 pendidikan matematika STKIP YPM Bangko pada tahun akademik 2019/2020. Total siswa adalah 16 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada mata pelajaran geometri berupa esai dan dengan menggunakan angket kebiasaan belajar terdiri dari 32 item berupa angket tertutup dengan menggunakan Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan rumus korelasi produk momen Pearson oleh SPSS. Pengujian hipotesis diperoleh nilai sig = 0,000 lebih rendah dari taraf signifikan yaitu ? = 0,05. Jadi, dapat diringkas bahwa kebiasaan belajar memiliki korelasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam mata pelajaran geometri. Dengan melihat hasil Korelasi Pearson yaitu 0,865, berarti memiliki tingkat korelasi sempurna (0,81 - 1,00 = korelasi kuat).

References

Arikunto.S.2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Deswantari. 2020. Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5 (1), 46-62. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10661/5289.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Emzir.2011.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: gajah mada.

Hakasinawati. 2017. Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas Di MAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2 (2), 160-173. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/3968.

Hamalik.O.2011. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara.Bandung.

Marianah, 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4 (1), 29-35. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Munandir. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV Rajawali.

Prawironegoro. Pratiknyo.1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal Untuk Bidang Studi Matematika. BPL: Jakarta.

Riduwan.2011.Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Alfabeta.Bandung.

Rohaeti, Ai. 2009. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA”. Tesis tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pasca sarjana UPI Bandung.

Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Shadiq, F. 2004. “Pemecahan masalah, Penalaran dan komunikasi”. Makalah Disampaikan pada diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMA jenjang dasar. PPPG Matematika, Yogyakarta, 6 s.d 19 September.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sudijono. A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharto, S., & Widada, W. (2019a). The Cognitive Structure of Students in Understanding Mathematical Concepts. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 65–69.

Suharto, S., & Widada, W. (2019b). The Contribution of Mathematical Connection and Mathematical Communication to Problem Solving Ability. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(1), 155–159.

Syah. M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Taqwan, Budi. 2019. Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4 (1), 10-18. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7524.

Widada, W & Novita, T. 2018. Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa sma dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3 (1), 67-81. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/6288.

Published

2020-06-11

How to Cite

Ferinaldi, F., & Rais, H. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 93–102. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11414