Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok melalui Model Cooperative Learning Type Jigsaw

Authors

  • Gunawan Gunawan SMP Negeri 24 Rejang Lebong, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11416

Keywords:

asil Belajar, Model Cooperative Learning type Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Cooperative  Learning type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 24 Rejang Lebong TA 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)  karena mengamati segala prilaku dan tindakan yang dilakukan di kelas yang menjadi subyek penelitian. Data dianalisis menggunakan tes dan non tes untuk mendapatkan nilai rata-rata dan  prosentae keberhasilan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative  Learning type Jigsaw di SMPN 24 Rejang Lebong dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal. Nilai rata-rata siswa pada pretest hanya 55,50, pada siklus I menjadi 70,35, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,05. Demikian juga ketuntasan belajar klasikal dari hanya 45% pada pretes,  meningkat menjadi 70% pada siklus I meskipun ketuntasan belajar masih belum tuntas, namun pada siklus II menjadi 85% (Belajar Tuntas).

 

References

Darnia, Henzi. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat di Kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Herawaty, D., Khrisnawati, D., Widada, W., & Mundana, P. (2020). The cognitive process of students in understanding the parallels axiom through ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012077 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012077, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012077

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

Herawaty, D., Widada, W., Handayani, S., Febrianti, R., & Abdurrobbil, F. D. (2020). Students ’ obstacles in understanding the properties of the closed sets in terms of the APOS theory. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012068 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012068, 1470, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012068

Hudojo. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Siswanto, Wahyudi dan Subanji. 2010. Model-model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Malang: PT. Pertamina dan Universitas Malang.

Siswanto, Wahyudi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: PT. Pertamina dan Universitas Malang.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Wardani, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

---------------------.1993. Evaluasi Proses dan hasil belajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

--------------------. 1998. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algen Sindo.

Widada, W., Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078

Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., & Yanti, I. D. (2020). The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012072 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012072, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072

Widada, W., Herawaty, D., Beka, Y., Sari, R. M., & Riyani, R. (2020). The mathematization process of students to understand the concept of vectors through learning realistic mathematics and ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012071 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012071, 1470, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012071

Widada, W., Herawaty, D., Rahman, M. H., Yustika, D., & Elsa, P. (2020). Overcoming the difficulty of understanding systems of linear equations through learning ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012074 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012074, 1470, 1–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012074

Published

2020-06-11

How to Cite

Gunawan, G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok melalui Model Cooperative Learning Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 113–121. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11416