Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) di SMA

Authors

  • Mimmi Sossriati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11417

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Instruction (PBI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan model pemebalajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 4 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian diambil 2 kelas yang dilakukan secara acak yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPS 5 Sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) memberikan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis lebih baik dari model pembelajaran konvensional.

References

Aliza, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Proses Kognitif Siswa dalam Memahami Matematika Berdasarkan Teori Perkembangan Skema Extended Level Triad ++ Selama Pembelajaran Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 145–152.

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Fatonah H, F. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), Vol. 1, No. 2, Hal 144-151.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 120–135.

Harahap R, E & Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Edumatica Volume 07 Nomor 01, 1-11.

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat .” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 185–193.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Shadiq, F. 2014. Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta : GRAHA ILMU.

Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Edumatica, 2, (1), 36-44.

Wardhani, Sri. 2008. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., & Yanti, I. D. (2020). The thinking process of students in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012072 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012072, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072

Widada, W., Herawaty, D., Ariska, S., Afifah, R., & Anggoro, A. F. D. (2020). The characteristics of relational students in understanding the concepts of normal subgroups. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012069 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012069, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012069

Widada, W., Herawaty, D., Rahman, M. H., Yustika, D., & Elsa, P. (2020). Overcoming the difficulty of understanding systems of linear equations through learning ethnomathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012074 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012074, 1470, 1–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012074

Published

2020-06-11

How to Cite

Sossriati, M., & Ristontowi, R. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 122–129. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11417