Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA

Authors

  • Nunung Khafidotul Layali Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Masri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Treffinger

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger, dan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 6 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian diambil 2 kelas yang diambil secara acak yaitu XI IPS B sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS A sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran  Treffinger dan model pembelajaran Konvensional. Model pembelajaran Treffinger memberikan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional.

References

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Delyana, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open-Ended.Vol 2 No 1. November 2015. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatra Barat.

Harahap, E.R., & Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Vol 7 Nomor 1. April 2017. Prodi Pendidikan Matematika UNIMED.

Harahap, E.R., & Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Vol 7 Nomor 1. April 2017. Prodi Pendidikan Matematika UNIMED.

Herawaty, D, & Widada, W. (2018). The Influence of Contextual Learning Models and the Cognitive Conflict to Understand Mathematical Concepts and Problems Solving Abilities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 96–102. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.17

Herawaty, Dewi, Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

Herawaty, Dewi, Widada, W., Handayani, S., Febrianti, R., & Abdurrobbil, F. D. (2020). Students ’ obstacles in understanding the properties of the closed sets in terms of the APOS theory. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012068 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012068, 1470, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012068

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : PT. Refika Aditama.

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 127–133.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Pambudi, G. A., Widada, W., & Herawaty, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika, 05(01), 91–102.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Jogjakarta : AR-RUZZ MRDIA

Ulva, Shovia. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui model SAVI dan Konvensional. Vol.2 No.2. Program Studi Pendidikan Matematiks, STKIP Garut.

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Widada, Wahyu, Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078

Published

2020-06-16

How to Cite

Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448