Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Model Discovery Learning dan Ekspositori Materi Segiempat dan Segitiga

Authors

  • Anisa Desi Liestya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu
  • Effie Efrida Muchlis Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu
  • Ringki Agustinsa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11457

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Discovery Learning, Pembelajaran Ekspositori

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika model discovery learning lebih baik dari hasil belajar matematika pembelajaran ekspositori pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling daerah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika model discovery learning lebih baik dari hasil belajar matematika pembelajaran ekspositori pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu.

 

References

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 31-37.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fitriyah, Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 108-112.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Kata Pena.

Pambudi, G. A., Widada, W., & Herawaty, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika, 05(01), 91–102.

Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anank Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Utami, A. P., & Jazwinarti. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 6-12.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.

Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2020-06-17

How to Cite

Liestya, A. D., Muchlis, E. E., & Agustinsa, R. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Model Discovery Learning dan Ekspositori Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 103–112. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11457