Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Osborn di SMP

Authors

  • Soeviatulfitri Soeviatulfitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11502

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Osborn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL, Osborn dan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitin eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 6 Bengkulu Utara, sampel dalam penelitian ini diambil 3 kelas yang dilakukan secara acak yaitu kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen II diberikan perlakuan model pembelajaran  Osborn, siswa kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol diberikan model konvensional. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, yang terdiri dari soal pre-test dan soal post-test. Data dianalisis dengan uji anava satu jalur dan dilanjuti dengan uji BNT. Hasil uji Anava pada pre-test tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa ketiga kelas sebelum diberikan perlakuan. Sedangkan hasil uji Anava pada postest ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa ketiga kelas sampel sudah diberi perlakuan. Hasil uji BNT menunjukan bahwa antara PBL dan Osborn tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa, sedangkan PBL  dengan konvensional dan Osborn dengan konvensional terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pembelajaran dengan model Osborn memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan PBL dan konvensional.

References

Afifah, L. N. (2010). Model Pembelajaran Osborn untuk Menigkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Agus, Nuniek A. (2008). MudahBelajar Matematika 2: Untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 120–135.

Herawaty, D, Gusri, S. A., Saputra, R., Liana, E., & Aliza, F. (2019). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012074), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Herawaty, Dewi, Gede, W., Umam, K., Nugroho, Z., Anggoro, F. D., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). Students ’ cognitive processes in understanding the application of derivatives. Annals of Mathematical Modeling, 2(1), 29–36.

Jumri, R., & Murdiana. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan ( Manna-Bengkulu Selatan ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 86–92.

Jumri, R., Widada, W., & Herawaty, D. (2018). Improving the Innovation of Mathematics Education Undergraduate through Cooperative Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 2016–2019. https://doi.org/10.21275/ART201818

Kompri, (Ed). 2015.Manajemen Pendidikan. Depok. Penerbit AR-RUZZ MEDIA

Maharani, Dian.Noer,H.S,Gunawibowo,P. 2015.Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Concept. Bandar lampung

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 202–210.

Pratiwi, S. I., Lusiana, & Fuadiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 30 Palembang Melalui Pembelajaran CORE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 15–28.

Saputra, R., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). The Influence of the Connected Mathematics Project ( CMP ) Model with an Ethnomatic Approach on Problem Solving Ability. Journal of Mathematics, Science, Technology and Education, 1(1), 21–25.

Sinaga Yuliana.2017.’’Pengaruh Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Sekolah Dasar Markus Medan

Siswono,E.Y.T, Novitasari,w.2006. meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah tipe “whats another way”.jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Sospolita, N., Aisyah, S., & Widada, W. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr, 04(02), 194–201.

Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Usman, Husnaiani. 2006. Pengantar Statistika. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Widada, W, Herawaty, D., Agriyanto, S., Octizasari, G., & Meri, S. G. (2019). The improvement of trigonometry ability through connected mathematics learning models and scientific approaches. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012078), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012078

Widada, W., & Herawaty, D. (2017). Dekomposisi Genetik tentang Hambatan Mahasiswa dalam Menerapkan Sifat-sifat Turunan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 136–151. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.9216

Widada, W., Herawaty, D., Jumri, R., & Wulandari, H. (2020). Students of the extended abstract in proving Lobachevsky’s parallel lines theorem. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012098 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012098, 1470, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012098

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics During Etno-Mathematics Learning. 3rd Asian Education Symposium, 8(Aes 2018). https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.95

Widada, W., Nugroho, K. U. Z., & Sari, W. (2018). The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics. Semin. Adv. Math. Sci. Eng. Elem. Sch. Mercur. Hotel Yogyakarta, 16.

Widada, W.. (2017). Beberapa Dekomposisi Genetik Siswa dalam Memahami Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(1), 44–54.

Published

2020-10-19

How to Cite

Soeviatulfitri, S., & Kashardi, K. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Osborn di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 35–43. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11502